Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Sidrap

Hasri Rahmayanti(1*), Abdul Hakim(2), Fajar Fajar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar tentang keberagaman karakteristik individu siswa kelas IV UPT SDN 1 Baranti Sidrap. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV UPT SDN 1 Baranti yang berjumlah 22 siswa, terdiri 11 laki-laki dan 11 perempuan. Instrument yang digunakan adalah tes dan format observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kualifikasi Cukup (C) dan siklus II berada pada kualifikasi Baik (B) dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar tentang keberagaman karakteristik individu siswa kelas IV UPT SDN 1 Baranti Sidrap.

 

Kata Kunci: kooperatif, scramble, keberagaman karakteristik inidvidu


Full Text:

PDF

References


Aiska, K., & Supriyono. (2018). Penerapan Metode Scramble pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Lidahh Wetan Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 828.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140.

Candra, O., Eliza, F., Islami, S., & Alisman, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Diklat Memperbaiki Motor Listrik Guna Peningkatan Hasil Belajar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 7–15. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3930

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta S.

Fatimah, L., & Shofi, A. (2019). Aktivitas Siswa SMP dalam Proses Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.4

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Hutabarat, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tekbik Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 012 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Pajar (Pendidikan Dann Pengajaran), 53(9), 1689–1699.

Iskandar, H. (2017). Modul tema 3. http://rumahbelajar.id/Media/Dokumen/5cff79ecb646044330d686d4/82a60525e78b6fff454d48c634057d60.pdf

Israwaty, I., Fajar, & Muliasari, V. (2020). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) : Experiment Box untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi macam-macam gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. XX, 1–6.

Mualimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.

Octavia, A. S. (2020). Model-Model Pembelajaran. deepublish publisher.

Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 178–188. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5682

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Said, M., Arsyad, M., & Nurlina, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 3(2), 120183.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Medua.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sudirman, & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Peneliti Universitas Negeri Makassar.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Sumartono, & Normalina. (2015). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 84–91. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.638


Article Metrics

Abstract view : 430 times | PDF view : 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)