Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Pinrang

Herninda Herninda(1*), Yulia Yulia(2), Musfirah Musfirah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dalam meningkatkan proses belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas IV UPTD SD Negeri 204 Lanrisang Kabupaten Pinrang, dan 2) peningkatan hasil belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas IV UPTD SD Negeri 204 Lanrisang Kabupaten Pinrang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian guru (peneliti) dan 12 siswa kelas IV yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Deskripsi Fokus berupa proses dan hasil belajar. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian pada siklus I aktivitas guru tergolong baik (B), aktivitas siswa tergolong cukup (C), dan ketuntasan hasil belajar siswa tergolong cukup (C); siklus II aktivitas guru tergolong baik (B), aktivitas siswa tergolong baik (B) dan ketuntasan hasil belajar siswa tergolong baik (B); Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas IV UPTD SD Negeri 204 Lanrisang Kabupaten Pinrang.

 

Kata Kunci: Model Course Review Horay, hasil  belajar


Full Text:

PDF

References


Aitahan, Y., Indawati, N., & Delawanti, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Malang. Jurnal Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 190.

Anggraeni, V. Y., Iriawan, S. B., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 215.

Ardiawan, I. K. N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya). NILACAKARA.

Astuti, T., Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2).

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Fitrianti. (2016). Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Deepublish.

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activiy ( DRTA ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2).

Hamid, A. (2019). Penyusunan Tes Tertulis (Paper and Pencil Test). Uwais Inspirasi Indonesia.

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir, H. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Deepublish.

Handayani, F., Darmawan, & Ridwan, I. R. (2016). Penerapan Model Course Review Horay Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kegiatan Ekonomi Dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal Kalimaya, 4(2).

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Pusaka Almaida.

Kurniawati, Marliana, & Supriati, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Masalah Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay pada Kelas IV SD. Journal of Elementary Education, 02(03), 93.

Makki, M. I., & Aflahan. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing.

Maryono. (2017). Peran Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 75.

Rahayu, T., & Abidin, Z. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2435, 2439.

Rahayu, T. P. (2019). Pelaku Kegiatan Ekonomi. ALPRIN.

Rozi, F., & Muliatna, I. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada Materi Memelihara Transmisi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 3 SMK PGRI 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 02(03), 77.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sakinah, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 14.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sumarsono, P., Inganah, S., Iswatiningsih, D., & Husamah. (2020). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. Universitas Muhammadiyah Malang.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Syam, N., Nurjannah, & Maryam M, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(1), 32.

Umi, C. (2019). Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4. PT Grasindo.

Yudha, R. P. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik. Yudha English Gallery.

Zulfa, K. A. (2018). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Bagi Siswa Kelas IIIB MI Roudlotul Huda Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 24.


Article Metrics

Abstract view : 184 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)