Keefektifan Model Pair Dictation dalam Pembelajaran Imla’ Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Delapan di Kabupaten Barru

Nurul Firdayanti(1*), Enung Mariah(2), Abdul Kasim Achmad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk memeroleh data mengenai keefektifan model pair dictation dalam pembelajaran imla’ siswa kelas VIII MTs Pi DDI Mangkoso Barru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Pi DDI Mangkoso Barru yang terdiri atas 3 kelas berjumlah 75 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik acak, yakni kelas  VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa.  Data penelitian ini diperoleh melalui tes ketrampilan menulis imla’ dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan th (2,257) > tt (2,011) pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pair dictation efektif dalam pembelajaran imla’ siswa kelas VIII MTs Pi DDI Mangkoso Barru.

 

Kata Kunci: Effectiveness, Pair Dictation Model, Imla'


Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Handayani, Suci. 2019. Pembelajaran Speaking Tipe STAD Yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hermawan, Acep, 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayatullah, Moch. Syarif. 2017.Cakrawala Linguistik Arab. Jakarta: PT Grasindo.

Munjiah, Ma’rifatul. 2009. Imla’ Teoridan Terapan. Malang: UIN-Malang Press.

Muradi, Ahmad. 2015. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab. Jakarta: Prenada Media Group.

Richa, M., Susilawati, E., Bunau, E. (2013). Teaching Listening Through Minimal Pairs Sound Dictation. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.3 (11).

Sahril, S,. & Munir, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Semester II Stain Dato karama Palu Melalui Pair-Dictation. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 2 (1), 153-170.

Schneider, D. (1998) Why Use Dictation? A Rationale and Some Variations. 4.(1), 30-45.

Smith, C. D. (2010). Pair Dictation activities for teaching English to university students. The Internet TESL Journal, 16(2).

Xing, Zhang,.& Jin Chen. 1989. Forum: A Journal For The Teacher of English Outside The United States, Volume 27. China: Michigan State University.

Yoga, D. & Widiya. (2011). Peningkatan Prestasi Belajar Keterampilan Siswa Melalui Kegiatan Pramenulis Rueckendiktat Mata Pelajaran Bahasa Jerman Kelas XII SMAN 28 Jakarta. Jurnal Lingua Humaniora. Vol 5, 415-524.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)