Penggunaan Media Papan dan Kartu Satuan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga Di Kabupaten Maros

Intan Junaeda(1*), Yonathan i Passingg(2), Muslimin Muslimin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dalam penelitian menggunakan media papan dan kartu satuan waktu untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika siswa kelas IIIA UPTD SD Negeri 38 Biringkaloro Kabupaten Maros. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) proses penggunaan media papan dan kartu satuan waktu pada pelajaran matematika siswa kelas IIIA UPTD SD Negeri 38 Biringkaloro Kabupaten Maros, dan 2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penggunaan media papan dan kartu satuan waktu di kelas IIIA UPTD SD Negeri 38 Biringkaloro Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IIIA tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 7 perempuan dan 17 laki-laki. Prosedur pelaksanaan tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I berada pada kualifikasi cukup (C) namun belum berada pada indikator yang telah ditentukan dan siklus II berada pada kualifikasi baik (B), pada siklus ini telah mencapai indikator yang telah ditentukan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media papan dan kartu satuan waktu dapat meningkatkan proses dan hasil balajar siswa kelas IIIA UPTD SD Negeri 38 Birigkaloro Kabupaten Maros.

 Kata Kunci: Media Papan dan Kartu, Satuan Waktu, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI, 72–89.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Duludu, U. A. . (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Deepublish.

Ernawati, D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan di Kelas III SD Negeri Kyai Mojo Yogyakarta. Skripsi.

Hamdanah, & Hasanuddin, M. I. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT. IAIN Parepare Nusantara Press.

Isnaeni, N. F. (2018). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Julhadi. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Publisher.

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan : Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh , Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 9, 66–82.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Mahanani, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan di Kelas III SD Negeri 2 Wates. Universitas Negeri Yogyakarta.

Maryam, M. S. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Simetri Putar dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V S Negeri 83 Parepare. Publikasi Pendidikan, II(3), 199–208.

Netriwati, & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Permata Net.

Ovan, & Saputra, A. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmad Cendikia Indonesia.

Pakpahan, A. F., Dewa, P. Y. A., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Illi, L., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaluddin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasa Kita Menulis.

Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2018). Pendidikan Matematika 1 : Bilangan, Faktor, dan Kelipatan Persekutuan. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Putri, A. D., & Ifrianti, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunkan Alat Peraga Jam Sudut Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Sunur Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 1–19.

Runtukahu, J. T., & Kandou, S. (2013). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blande Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3), 372.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Suaka Media.

Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Prenadamedia Group.

Uno, H. B., Lamatenggo, N., & Koni, S. M. A. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Bumi Aksara.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.

Widiasworo, E. (2015). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ar-Ruzz Media.

Yusuf, Y., & Auliyah, U. (2011). Sirkuit Pintar Melenjit Kemampuan Matematika & Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga. Transmedia Pustaka.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 1662 times | PDF view : 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)