Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Pinrang

Hamisah Maryati(1*), Yulia Yulia(2), Ahmad Subair(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model make a match serta untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV UPT SD Negeri 166 Pinrang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan pra tindakan kemudian setiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPT SD Negeri 166 Pinrang yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan ketuntasan belajar mencapai 40% dari 20 siswa, meningkat di siklus I dengan persentase 45%, kemudian kembali meningkat di siklus II hingga 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sumber daya alam siswa kelas IV UPT SD Negeri 166 Pinrang.

 Kata Kunci: Model make a match, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Albertus, Bibit, Devi, Feni, Ratna, & Ridha. (2018). Buku Pelengkap IPS SD Kelas IV (Issue January). Universitas Kristen Satya Wacana.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed.). Bumi Aksara.

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01), 34–46.

Hayati, S. (2017). BELAJAR dan PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIF LEARNING. Graha Cendekia.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, (2009).

Indonesia, P. R. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Nasioanal, U. S. P. (n.d.). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.

Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPGSD, 06, 440–450.

Rusman. (2017). Belajar dan Pmebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.). KENCANA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (28th ed.). Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran (1st ed.). Rajawali Pers.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Baha Ajar Dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA).

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, action research, Research and Development (RnD). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)