Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang

Aina Sumaya(1*), Ila Israwaty(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi energi dan perubahannya dengan menerapkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics): Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sederhana siswa Kelas IV UPT SD Negeri 229 Pinrang. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas IV serta 12 siswa UPT SD Negeri 229 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki.  Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran siklus I aktivitas guru memperoleh kualifikasi baik (B) dan aktivitas siswa memperoleh kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II aktivitas guru memperoleh kualifikasi baik (B) dan aktivitas siswa memperoleh kualifikasi baik (B). Selanjutnya ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai persentase 58.33% dengan nilai rata-rata 73.33, di siklus II meningkat hingga 83.33% dengan nilai rata-rata 80.33. Sehingga, dapat disimpulkan meningkatnya hasil belajar pada materi energi dan perubahannya siswa kelas IV UPT SD Negeri 229 Pinrang.

 

Kata Kunci: pendekatan STEM, pembangkit listrik tenaga uap, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Abdi, J. (2020). Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (p. 29). Hipper 4.0 Banda Aceh.

Alimah, S., & Marianti, A. (2016). Jelajah Alam Sekitar Pendekatan, Strategi, Model dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter untuk Konservasi (A. Priyono (ed.)). FMIPA UNNES, Semarang.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Cahyadi, N. (2020). Perbedaan Teknik Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran. Disdik.Purwakartakab.Go.Id. https://www.disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/-perbedaan-teknik-pembelajaran-pendekatan-pembelajaran

Djamarah, S. B., & Aswan Zain. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.

Falentina, C. T., Abdul, D., Lidinillah, M., & Mulyana, E. H. (2018). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mobil Bertenaga Angin : Media Berbasis STEM untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 5(3), 152–162.

Febrita, I., & Harni. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1427–1428. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/608/535

Izzani, L. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kandi, & Winduono, Y. (2012). Energi dan Perubahannya (L. B. Widjajanto (ed.)). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, an Mathematics (STEM). Guepedia.com.

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan (Tri Wahyono (ed.)). Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. 1, 263–278.


Article Metrics

Abstract view : 574 times | PDF view : 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)