Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Enam Di Kabupaten Wajo

Muhammad Fajar Ma’ruf(1*), Lukman Lukman(2), Yonathan Pasinggi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN 215 Tonralipue Kabupaten Wajo. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN 215 Tonralipue Kabupaten Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN 215 Tonralipue Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre experiment dengan pretest-posttest only one group design. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, sehingga terpilih sampel sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berbentuk multiple choice (pilihan ganda) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil uji statistik deskriptif menunjukkan nilai mean (rata-rata) data pre test (tes awal) peserta didik yaitu 47,25 dan nilai rata-rata data post test (tes akhir) setelah diberikan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share  yaitu 60.00. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan paired sample t test diperoleh nilai P sebesar 0.000 (P < 0.005) serta diperoleh nilai |thitung| sebesar -4.217 (|thitung| > ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang dapat dipahami bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pre test dan post test peserta didik sebelum dan setelah diberikan perlakuan, serta model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN 215 Tonralipue  Kabupaten Wajo.

 

Kata Kunci: Model kooperatif tipe think pair share, Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ardinata, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Totokaton. Universitas Lampung.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa (1st ed.). Deepublish.

Fitriyah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tav di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 06(1), 93–98.

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar & Pembelajaran (2nd ed.). Universitas Muhammadiyah Malang.

Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Sari, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 70.

Lestari, I. (n.d.). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.

Lolang, E. (2015). Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif. JURNAL KIP, 3(3), 685–695.

Nurazizah, K. F., & Wuryandari, W. (2019). Pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kerja sama siswa. Jurnal Civis: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 80–88.

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.

Raharjo, S. (2019). Cara Uji Paired Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS. https://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-uji-paired-sample-t

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhdharah, 17(33), 81–95.

Samidi. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership terhadap Kreativitas Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 29 Medan T.P 2013/2014. Jurnal EduTech, 1(1).

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika : studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (28th ed.). Alfabeta.

Zainuddin, M. (2014). Metodologi Penelitian Kefarmasian dan Kesehatan (Surabaya). Airlangga Universitas Press.


Article Metrics

Abstract view : 244 times | PDF view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)