Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang

St Arbiah khadijah(1*), Kamaruddin Hasan(2), Yonathan Pasinggi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 294 Pinrang.. penelitian ini adalah eksperimen bentuk (pre-eksperimen design) yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design.  Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pop-up book, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SDN 294 Pinrang sebanyak 135 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas IV UPT SDN 294 Pinrang dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes awal (Pretest) siswa yaitu 48 dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan rata-rata nilai tes akhir (Posttest) siswa yaitu 81. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujia hipotesis dengan menggunakan uji paired sampel T-test menunjukkan Sig (2-tailed) <0,005 (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 294 Pinrang pada pada materi macam-macam gaya.

 

Kata Kunci: pop-up book, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Alviolita, N. W., & Huda, M. 2019. Media Pop-Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol 7 (1): 52

Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Devi, A. S., & Maisaroh, S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia. vol 3 (2).

Kadir. 2019. Statistika Terapan. Depok: Rajawali Pers.

Masturah E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. 2018. Pengemabangan MediaPembelajaran Pup-up Book Pada Mata elajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECHUniversitas Pendidikan Ganesha. Vol 6 (2): 214.

Nurdin, S. & Adriantoni. 2016. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Rahmawati, N. 2014. Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya. Jurnal Content. Vol 3 (1):1

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Majalengka: Guepedia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. 2016. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Undang-Undang Republik Indonesia NO. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasiona. Jakarta: Depdiknas


Article Metrics

Abstract view : 613 times | PDF view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)