Kemampuan Menulis Imla’ Al-masmu’ Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Di Kabupaten Gowa

Andi Ahmad Fadhil(1*), Sitti Muthmainnah(2), Sarah Noviyanti Latuconsina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif  yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis imla’ al-masmu’ dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa sebanyak 21 Siswa dan sampel sebanyak 21 siswa . Data diperoleh dengan memberikan tes. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan dinilai tingkat kemampuannya dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis imla’ al-masmu’ siswa kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa dengan nilai 78,76% dapat dikategorikan Sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis imla’ al-masmu’ siswa kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa   terdiri dari faktor penunjang dan faktor penghambat. Faktor penunjang meliputi: 1) latar belakang pendidikan siswa, 2) Tingkat pemahaman siswa yang cukup, 3) Minat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab yang tinggi. Adapun faktor penghambat yaitu: 1) kurangnya motivasi siswa, 2)Tingkat kesulitan bahasa Arab yang sulit, 3) Metode mengajar guru yang kurang menarik, 4) Kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang, 5) kurangnya perhatian orang tua siswa.

 

Kata Kunci: kemampuan, menulis; imla’; imla’ al-masmu’


Full Text:

PDF

References


Al-Qaasimy. (1978). Ittijahaat Hadistah Fi Ta'liimi Al-Arabiyah Linnaatiqiina Billughaatiin Ukhra. riyadh: jaamiah riyadh.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Khafidh, M. (2016). Implementasi Metode Imla'Sebagai Peningkatan Kemampuan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP IT Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta. Yogyakarta: http://digilib.uin-suka.ac.id/24344/.

Milam, Y. (2010). Pengertian Kemampuan. blogspot.com/pengertian-kemampuan.html.

Rikke, K. (2014). Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas XII SMA di Surabaya. Surabaya: https://www.neliti.com/id/publications/241262/.

Rizqina, Z. A. (2017). Pengaruh budaya kerja, kemampuan, dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja pegawai serta dampaknya terhadap kinerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Jurnal Magister Manajemen, 1(1), 59-69.

Sardila, V. (2016). sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi, 110-117.

Sriyanto. (2010). Pengertian Kemampuan. http://ian43.wordpress.com/2010/12/23/pengertian-kemampuan/ .

Sudjana, N. (2001). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, H. (2013). Menulis Sebagai Suatu ketermpilan Berbahasa. bandung: angkasa bandung.

trianto. (2010). model pembelajaran terpadu konsep, strategi, dan implementasinya dalamkurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) . jakarta: bumi aksara.

Yamani. (2017). Kemampuan Siswa Dalam Menulis Bahasa Arab Pada Aspek Imla Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambak Bitin Negara Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantanselatan. kalimantan selatan: http://digilib.uin-suka.ac.id/25844.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)