Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru

Luthfiah Syahid(1*), Rasmi Djabba(2), Nurul Mukhlisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition (AIR) tentang Pengaruh Lingkungan Terhadap Mata Pencaharian Penduduk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 29 Kabupaten Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model  pembelajaran  Auditory Intellectually Repitition (AIR) tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian penduduk siswa kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang pengaruh lingkungan  terhadap mata pencaharian penduduk siswa kelas IV dengan penerapan  model  pembelajaran  Auditory Intellectually Repitition (AIR). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa tentang pengaruh lingkungan  terhadap mata pencaharian penduduk dengan menerapkan model pembelajaran  Auditory Intellectually Repitition (AIR). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition (AIR) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang pengaruh lingkungan  terhadap mata pencaharian penduduk siswa kelas IV UPTD SDN 29 Kabupaten Barru.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, Auditory Intellectually Repitition (AIR), pengaruh lingkungan  terhadap mata pencaharian penduduk


Full Text:

PDF

References


Agustiana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intelectally, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Leson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siwsa MTs 1 Lampung Selatan.

Alan, U. F & Aldila, A. E. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 69.

Ariani, Yetti. Helsa, Y. Ahmad, S. (2020). Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar.

Ariska, M, Fuaddunazmi, M. & H. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Air (Auditory Intellectually Repetition ) Dengan Metodedemonstrasi Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(2), 62.

Astuti, R, Yetri & Anggraini, W. (2018). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kemagnetan. Indonesian Journal Of, 01(2), 1–12. Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Elinawati, W, Duda, J. G & Julung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Implementation of Auditory Intellectually Repetition (AIR) Learning Model to Students’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Sainsmat, VII(1), 13–24.

Fauji, A & Winarti, A. (2013). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) pada Materi Hidrolisis Garam Di Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(2), 2.

Hidayah, P. N. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Taktakan Kota Serang.

Hidayat. D.R. Abdurrahman, R. & Nurbayan, Y. (2007). Ilmu & Aplikasi Pendidikan.

Irmayanti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, VIII(2), 133.

Istiningsih, G, Minchah, E & Phiharlina, E. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, II(2), 94–103.

Khosim, N. (2017). Model - Model Pembelajaran.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PeKhasar, 2(1), 92.

Manurung, S. H. (2013). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Air (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri Rantauprapat T.P 2014/2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 100.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 5(1).

Prasanti, D. (1967). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(1), 13–21.

Pujiastutik, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran AIR ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran. Jurnal Proceding Biology Education Conference, 13(1), 515–518.

Ramadhany, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Projeckt Based Learning pada Pemblejaran Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN Temanggung.

Simamora, I. P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMK Kesehatan Sidimpuan Husada. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 29–30.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPA untuk SD/MI.

Sumiati, D.Bahar, A & Handayani, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy Dan Repetition (Air) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMAN 8 Kota Bengkulu. 3(2), 115.

Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Pujangga, 1, 106–117.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Syafaruddin; Supiono; & Burhanuddin. (2019). Mari Kira Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Widiastutik, A. (2019). Konsep Dasar dan Manajemen Laboratorium IPS.


Article Metrics

Abstract view : 486 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)