Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

Muh Irfan Nugraha(1*), Ritha Tuken(2), Abdul Hakim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang ada di kelas V. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan  model pembelajaran  Project Based Learning (PjBL) pada materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Siswa Kelas V UPTD SDN 29 Barru. Dan apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Siswa Kelas V UPTD SDN 29 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keberagaman sosial budaya masyrakat siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian terdiri dari fokus proses dan fokus hasil belajar keberagaman sosial budaya masyarakat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah menggunakan teknik analisi data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I Hasil penelitian pada proses pembelajaran berada di kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada dikualifikasi kurang (K). Sedangkan paada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada dikualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada dikualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitia ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar keberagaman sosial budaya masyarakat siswa kelas V UPTD SDN 29 Barru.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning (PJBL), Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Addiin, I., Redjeki, T., & Ariani, S.R.D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI Ipa 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Universitas Sebelas Maret, 3(4), 11.

Aidawati, N. (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL) Pada Siswa Kelas XII Multimedia Di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 10(2), 49.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–68.

Alfanika, N. (2016). Analisis Wacana Kritis Teori Inclusion Theo Van Leeuwen Dalam Berita Kriminal Tema Pencurian Koran Posmetero Padang Edisi Mei 2013. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 37.

Asri, N(2020). Penerapan Model Pembelajaran PjBL ( Project Based Learning) Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kogntif Peserta Didik. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. 5(1), 36

Hanum, F., & Raharja, S. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Multikultural Terintegrasi Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 39.

Hidayah, P. N., Ismanto, G., & Widyastuti, Y. (2012). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Keluarga Berencana (KB) Di Kecamatan Taktakan Kota Serang. Skripsi. Tidak Direrbitkan. Serang: fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Negeri Ageng Tirtayasa.

Kristanti, Y. D., Subiki., & Handayani.,R., D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning Model ) Pada Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 123.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 92.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 158.

Mahmud dan Priatna. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung. Tsabita

Masruroh, L., & Reza, M. D. (2015). Pengaruh Kecemasan Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 181.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(2), 1

Undang - Undang Republik4Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Tentang Pendidikan Tinggi.

Purnomo, B. H. (2011). Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 254 - 255.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/1123/1/Metode-Pengumpulan.Pdf. (Diakses tanggal 19 februari 2021).

Rahmahwilda, R. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Pada Mata Pelajaran PKN Meteri Keberagman Sosial Budaya Masyarakat Kelas V MIS. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Medan.

Rais, M., & Ardhana, W. (2013). Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perancangan Mesin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(1), 34.

Ramadhany, A. 2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN Temanggung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Peemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional. 26(2), 231 - 232.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PJBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MIPA 10(1), 18.

Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelolah Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 10(2), 234.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 9(2), 179–180.

Warman, D (2013). Hubungan Percaya Diri Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi Kelas Xi Ips Di Sma N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 127.

Yamtinah, S., & Saputro, S. (2013). Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113 Universitas Negeri Sebelas Maret.


Article Metrics

Abstract view : 5288 times | PDF view : 2052 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)