Mengajarkan Kosakata dengan Menggunakan Game Scattergories pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Fadhilah Mutiah Ahmad(1*), Munir Munir(2), Muhammad Tahir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Peran penting dalam studi bahasa diambil oleh kosa kata. Ini terdiri dari daftar kata dan aspek-aspek tertentu seperti makna, penggunaan kata, pengucapan yang digunakan orang untuk berkomunikasi. Semakin banyak kosakata yang dimiliki orang, semakin banyak mereka dapat membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengajarkan kosakata. Peran dalam memfasilitasi pembelajaran bahasa dimainkan oleh media pengajaran. Ada banyak teknik mengajar dan salah satunya adalah Game. Salah satu permainan yang dapat digunakan sebagai teknik mengajar adalah permainan scattergories. Penelitian ini menguji penguasaan kosakata siswa menggunakan game scattergories. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kosakata, yang terdiri dari pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pesantren Modern Tarbiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test siswa lebih tinggi dari pada pre-test, dimana nilai rata-rata post-test adalah (65,5417), sedangkan pre-test adalah (35,8750). hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif penelitian ini (H1) diterima. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari penggunaan game scattergories terhadap penguasaan kosakata siswa di kelas tujuh SMP Pesantren Modern Tarbiyah Takalar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap proses belajar mengajar bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah pertama, khususnya dalam aspek kosakata. Hal ini dimaksudkan untuk membuat beberapa variasi dalam pengajaran bagi guru bahasa Inggris, untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang kosakata dengan cara yang menyenangkan, dan untuk mendorong peneliti lain untuk melakukan penelitian semacam itu di masa depan.

Kata Kunci: Permainan Scattergories, Mengajar Kosa kata, Kosa kata.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Celce-Murcia, M. (2001). Teaching English as a Second or Foreign Language (3rd ed.). Boston: Heinle, Cengage Learning.

Diana, Nova. (2010). The Advantages and Disadvantages of Using Games in Teaching Vocabulary to The Third Graders of Top School Elementary School. Sebelas Maret University, xxxvi.

Gay, L.R, Geoffrey E.M, Peter Airasian. (2000). Educational Research: Competencies for Analysis and Implementations Tenth Edition. Merill Premtice Hall.

Hadfield, J. (1990). Intermediate Communication Games. London: Nelson. Hadfield, J. (1996). Elementary Communication Games. Harlow: Pearson Education Limited

Hatch, Evelyn and Brown, Cheryl. (1995). Vocabulary, Semantics, and Language Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembesardayaan Dasar dan Menengah.

Richards, J.C. & Schmidt, R. (2010). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics (4th Ed). London: Pearson Education Limited

Sugiyono. (2012: 126). Research Methods. Bandung: Alfabeta.

Yuliansyah, N., & Syafei, A. F. R. (2018). Using Scattergories Game in Teaching Vocabulary to Elementary School Students. Journal of English Language Teaching, 7(4).


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)