Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Pinrang

Zahrah Zahrah(1*), Nurjannah Nurjannah(2), Natriani Syam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran kooperatif model make a match siswa tentang klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V dengan penerapan pembelajaran kooperatif model make a match. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I Hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kategori baik(B) dan hasil tes belajar berada pada kategori kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kategori baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kategori baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif model make a amtch dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V UPT SDN 61 Kabupaten Pinrang.

Kata Kunci:  Pembelajaran kooperatif, model make a match, klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Kualitatif, Meteodologi Penelitian. Cv Jejak.

Anitah W, S. (2018). Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta S.

Gunarto. (2013). Model dan Metode Pembelajaran disekolah. Unissula Press.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya. Alfabeta.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Mamik. (2015). Meteodologi Kualitatif. Zifatama Publisher.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Cv Budi Utama.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Pt Rajagrafindo Persada.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Pt Bumi Aksara.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Pt Rajagrafindo Persada.

Suprihatinigrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Uno, H. B., Lamatenggo, N., & Satria. (2014). Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Pt Bumi Aksara.

Wagiman, L. (2014). Rangkuman Inti Sari Mata Pelajaran. Publishing Langit.


Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 764 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)