Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Empat Di Kabupaten Sidrap

Fatmawati Fatmawati(1*), Kamaruddin Hasan(2), Nurjannah Nurjannah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV. Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Course Review Horay  keunikan daerah tempat tinggalku di kelas IV 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi cerita fiksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian  tindakan  kelas (PTK). Fokus penelitian adalah fokus proses dan hasil belajar siswa tentang cerita fiksi dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitian  ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berada pada kategori baik (B) dan telah  mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang keunikan daerah tempat tinggalku di kelas IV UPT SD Negeri 7 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap.

Kata Kunci:  crh, cerita fiksi, keunikan daerah tempat tinggalku


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2011). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8). Unisulla Press. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Anggraeni, D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 194–205.

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). Manajemen Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Referensi.

Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Handayani, F., Darmawan, & Ridwan, I. R. (2016). Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Kalimaya, 4(2).

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived Jurusan Teknik Sipil, 5(1), 2175–2181.

Hermawan, D., & Shandi. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 11–19.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Lestari, Y. D., & Pangestu, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gisting, Tanggamus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 11–20.

Mahfud, Mujib, A., Kurniawan, A., & Yunita, Y. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik. Deepublish Publisher.

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113–121.

Melvin, T., & Surdin. (2017). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidilkan Geografi, 1(1), 1–14.

Musdalifah, Awuy, E., & Linawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 10 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(2), 191–203.

Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita dan Fakta. Realita, 15(2), 1–22.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish CV Budi Utama.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. CV Budi Utama.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish Cv Budi Utama.

Widiansyah, A. (2020). Pengantar Kapita Selekta Bahasa Indonesia di SD. Adhi Sarana Nusantara.


Article Metrics

Abstract view : 230 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)