[RETRACTED] Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Di Kabupaten Barru

Ria Fitri(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Ritha Tuken(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di UPTD SDN 125 Barru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPTD SDN 125 Barru sebanyak 124 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan IV sebanyak 54 siswa dengan Teknik pengambilan sampel itu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket model Skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di UPTD SDN 125 Barru berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 48,1%.

Kata Kunci:  Kesulitan belajar, pembelajaran daring, pandemic COVID-19


References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Ernawati, E. (2020). Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 01–15.

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). PENERAPAN METODE DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY ( DRTA ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 65 PAREPARE. 7(2), 125–131.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI, 2(1), 30-43.

Lestari, F., Marsusinto, Kurniasari, E., Almaas, A. R., Auliya, Z. U., & Rahmawati, F. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 245–253.

Nusroh, S & Ahsani, E. L. F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 71–92.

Pohan, A. E. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Purwodadi : CV Sarnu Untung.

Refendi, T. P., Pridana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Persada, III(3), 115–120.

Rohimah. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 4 Palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya, Palembang

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo : CV. Nata Karya.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132.

Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta : Depdiknas.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.

Yeni, E. M. (2015). KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. 2(2), 1–10.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.


Article Metrics

Abstract view : 284 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)