Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Di Kota Parepare

Ardani Subahti(1*), Abdul Halik(2), St Maryam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Sumpang Minangae Kota Parepare di masa pandemi COVID-19. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kedisiplinan belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dari 5 SD Se-kelurahan Sumpang Minangae Kota Parepare yang berjumlah 112 siswa, sedangkan sampelnya adalah 88 siswa. Data penelitian diperoleh hasil penyebaran kuesioner online untuk memperoleh data mengenai tingkat kedisiplinan belajar siswa dan nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 untuk memperoleh data mengenai tingkat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori baik dengan persentase 55,7% dan hasil belajar siswa berada pada kategori baik sekali dengan persentase 81,8%. Sedangkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 72,828+ 0,154X menunjukkan bahwa konstanta (a) bernilai positif yaitu 72,828 menunjukkan pengaruh positif kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa, sedangkan koefisien regresi (b) menunjukka bahwa jika kedisiplinan belajar mengalami kenaikan satu satuan, maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,154. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Sumpang Minangae Kota Parepare di masa Pandemi COVID-19.

Kata Kunci:  Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar, Pandemi COVID-19


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. UNISSULA Press.

Akmaluddin, & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar ( SD ) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar ( Studi Kasus ). Journal of Education Science (JES), 5(2), 1–12.

Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Resiko Sharing dan Knowledge Self-Efficacy terhadap Informal Knowledge Sharing pada Mahasiswa FISE UNY. Jurnal Nominal, II, 181–209.

Dyastuti, C. W. (2016). Hubungan antara Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Siswa SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Skripsi, FIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang.

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2), 125–131.

Harling, V. N. Van. (2020). Analisis Hubungan Kedisiplinan Belajar Dari Rumah ( BDR ) dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Selama Masa Pandemi. SOSCIED, 3(2).

Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 80–85.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, 3 (2012).

Kazmi, R. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Survei pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Timur). Jurnal SAP, 1(1), 27–35.

Khairinal, Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), 1(2), 379–387. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. Jurnal SAP, 1(3), 302–311.

Lestari, T. A. (2017). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus R.A. Kartini Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Skripsi, FIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang.

M, S. M. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Simetri Putar dan Lipat Bangun Datar melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(3), 199–208.

Melvin, T., & Surdin. (2017). Hubungan antara Disiplin Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(1), 1–14.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. AGORA, 7(2).

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Pujiastuti, T. (2015). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika di MI Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Purandina, I. P. Y., & Wiyana, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. CETTA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 127–144.

Setiawati, S., Candra, I., & Fikri, H. T. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kota Solok. PSYCHE 165 Journal, 13(1), 10–17.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistyaningsih, D. (2018). Pengaruh Keidisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam pada Aspek Aqidah dan Fiqih Siswa SMP Negeri 32 Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah, 06(01).

Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA).

Yuliyantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35–44.

Zulkiram. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil BelajarFiqh Siswa MAN Sibreh Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.


Article Metrics

Abstract view : 1203 times | PDF view : 1896 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)