Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Soppeng

Viki Amalia(1*), Ritha Tuken(2), Abd Halik(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan model pembelajaran course review horay di kelas IV UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong tentang  nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila dan apakah penerapan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran course review horay tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila dengan menerapkan model pembelajaran course review horay. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian siklus I pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C ) dan hasil tes belajar siswa berada pada kualifikasi kurang (K). Hasil penelitian siklus II pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes berada pada kualifikasi baik (B). kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di kelas IV UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong kabupaten Soppeng.

Kata Kunci:  Model pembelajaran course review horay, nilai-nilai sila Pancasila


Full Text:

PDF

References


Arifatun Nahar, Dwi Sulistyaningsih, E. A. P. (2016). Kefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Pendekatan Konteks terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segitiga Kelas VII. JKPM, 3(April), 50.

Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 6(1), 1–15.

Budiyanto, A. K. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta S.

Enjah Takari. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Genesindo.

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 8(2), 277–231.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning.

Ignatius Jodi Kusfabianto, Firosalia Kristin, I. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 88.

Khaeruddin. (2015). Kualitas Instrumen Tes Hsil Belajar. Madaniyah, 2(IX), 212–235.

Mahmud, T. P. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Tsabita.

Maisaroh, R. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Ekonomi Dan Pendidikan, 8(2), 157–172.

Mohammad Mulyadi. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 127–138.

Nurdyansyah, E. F. F. (2016). Inovasi Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.

Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiono. (2018). Dasar Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Media Publishing.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter). Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 87.

Sutarni. (2018). Manusia Moralitas dan Hukum. Hukum Kaidah, 18(1), 74.

Tim Tunas Karya Guru. (2017). Pasti Persiapan Cerdas Nilai Tinggi Pendidikan Kewarga Negaraan 5. Duta.

Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing di Kelas VI SDN VI Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, VI(Ktsp 2006), 124.

Tukiran Taniredja, Irma Pujiati, N. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dN Mudah. Alfabeta.

W, S. A. (2018). Strategi Pembelajaran di SD.


Article Metrics

Abstract view : 317 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)