Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Pada Pembelajaran Matematika: Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Soppeng

Ayu Kasmianti(1*), Kamaruddin Hasan(2), Yulia Yulia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Matematika tentang Bangun Ruang siswa di kelas V UPTD SPF SDN 44 Sekkanyili melalui penerapan model Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Pelaksanaa tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pratindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SPF SDN 44 Sekkanyili tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 7 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 73,3 untuk siklus I dan untuk siklus II sebesar 81,1. Kemudian pada siklus I sebanyak 6 siswa telah mencapai SKBM. Sedangkan pada siklus II sebanyak 8 siswa telah mencapai SKBM. Hal ini menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar matematika tentang bangun ruang siswa kelas V UPTD SPF SDN 44 Sekkanyili kabupaten Soppeng mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Think Talk Write, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Habibati. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Darussalam, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juri, & Suparno. (2020). Pendidikan & Politik. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Mamik. (2015). Metodologi Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yogyakarta: Yudha English Gallery.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Ritna. (2013). Meningkatkan Hail Belajar Sisa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Gambar di SD Inpres. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1, 1.

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDM 020 UKOK. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 2.

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Alfabeta.

Wati, T., Kasmiati, S., & Nursalam, L. O. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Iis 1 SMA Negeri 2 Kulisusu Pada Mata Pelajaran Geografi. La Geografia, 18, 1.

Zainal, Z., & Pasinggi, Y. S. (2018). Pendidikan Matematika II (Bangun Datar, Bangun Ruang, dan Pengukuran). Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)