Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring: Studi Kasus Sekolah Dasar di Kabupaten Sidenreng Rappang

Wilda Wilda(1*), Rasmi Djabba(2), Abdul Halik(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 Siswa Kelas Tinggi UPT SD Negeri 1 Lawawoi Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di UPT SD Negeri 1 Lawawoi yang berjumlah 118 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, V A, V B, VI A, dan VI B yang berjumlah 90 orang. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan membagikan angket kepada siswa kelas tinggi yang berada di sekolah tersebut. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan SPSS versi 26 for Windows. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh persentase 74,44 % dengan jumlah responden 67 orang dengan kategori tinggi, 11,11 % dengan jumlah responden 10 orang dengan kategori sangat tinggi, 7,78 % dengan jumlah responden 7 orang dengan kategori sedang, sedangkan 6,67 % dengan jumlah responden 6 orang dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa, tingkat kesulitan belajar pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 1 Lawawoi Kabupaten Sidenreng Rappang tergolong tinggi dengan persentase yaitu 74,44 % dengan jumlah responden sebanyak 67 orang.

Kata Kunci:   Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Anggoro, Andriani, Puspitasari, Belawati, Kesuma, & W. (2015). Metode Penelitian. Universitas Terbuka.

Aulia, L. A.-A. (2018). Kesulitan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 5(1), 11–15.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 3 No. 2.

Refendi, T. P., Pridana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Persada, III(3), 115–120.

Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Oleh. Mathematic Education Journal)MathEdu, 3(3), 142–146. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Siyoto, S & Sodik, A. &. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. ALFABETA.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252


Article Metrics

Abstract view : 204 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)