[RETRACTED] Penerapan Teknik Akrostik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Annisa Ika Saputri(1*), Abdul Halik(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 3 Lemba Soppeng melalui teknik akrostik. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan selama 2 siklus diawali dengan kegiatan prasiklus kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase keberhasilan siswa peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi belajar tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 3 Lemba Soppeng tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 13 siswa laki-lakidan 5 siswa perempuan. Data yang digunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 79,18untuk siklus I, dan nilai rata-rata siswa sebesar 86,77 untuk siklus II. Kemudian pada siklus I sebanyak 9 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal, sedangkan pada siklus II sebanyak 15 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal. Hal ini menunjukkan keterampilan menulis puisi siswa khususnya dengan menggunakan teknik akrostikpada siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 3 Lemba Soppeng mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis Puisi, Hasil Belajar


References


Abduh, N. K. (2018). Pemanfaatan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 40–42.

Anggito, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Ardika, I. W. (2018). Asiknya Menulis Puisi. CV Grapena Karya.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik Akrostik dalam Penulisan Puisi (Studi Deskriptif terhadap Karya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gunungpereng). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 103–109.

Hifdziyah, N. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Pada Siswa Kelas V Badaen 01 Jember. Universitas Jember.

Ishak, S. K. (2014). Cara Menulis Mudah. PT Elex Media Komputindo.

Mahartani, N. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV MI Negeri 2 Batang. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Pudiastuti, R. D. (2014). Cara dan Tip Poduktif Menulis Buku. PT Elex Media Komputindo.

Pujiasih, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik Pada Siswa Kelas VIII MTS MA’Arif NU Candirenggo Karanggayam. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Romadhon, S. (2019). Manajerial Keterampilan Menulis. Duta Media Publishing.

Salam, R., Faisal, M., Khalik, A., & Hafid, A. (2019). Metode Khusus Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makassar.

Suliyatinigrum, L. (2020). Puisi Hijau Sehimpum Puisi Akrostik Lingkungan Hidup. CV Jejak.

Wanto, A. H. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Jurnal of Public Sector Innovations, 2(1), 42.

Wibowo, H. (2020). Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Putri Cipta Media.

Winarni. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Penerapan Teknik Akrostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V.C SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zainudin. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Dongko dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4, 16–21.


Article Metrics

Abstract view : 111 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)