Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Jusrianti Jusrianti(1*), Yulia Yulia(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar materi sumber daya alam pada siswa kelas IV UPTD SPF SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV UPTD SPF SDN 58 Padali yang berjumlah 7 siswa, terdiri 6 laki-laki dan 1 perempuan. Instrument yang digunakan adalah tes dan format observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kualifikasi K (Kurang) dan siklus II berada pada kualifikasi B(baik) dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam menerapkan metode pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV UPTD SPF SDN 58 Padali.

Kata Kunci: Metode PQ4R, dan Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si ( Kotak Huruf Edukasi ) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas Viiic Smp. Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980–993.

Faradita, M. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sd Dengan Menggunakan Metode Pq4R. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2893

Maesaroh, S. (1970). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Tori dan Praktik. 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 174.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. In Buku.

Sinamo, H. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Suci Arischa. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 6(Edisi 1 Januari-Juni 2019), 1–15. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. In Bumi Aksara (p. 254).

Yuliana, I., & Fajriah, N. (2013). Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.550

Yulianti, L.Eva., Wirya, I. N., & Arini, N. W. (2013). Penerapan Metode Pq4R ( Preview , Question , Read , Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd. E-Journal Undiksha, 10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/928


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)