PERANAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

Ilmar A(1*), Subaer Subaer(2), Abdul Samad(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i2.955

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi mengenai hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng setelah di ajar dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS), (2) memperoleh informasi mengenai hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng telah mencapai standar KKM atau belum setelah di ajar dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS). Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 127 siswa dengan sampel sebanyak 31 siswa yang ditentukan melaui acak kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Hipotesis penelitian adalah: hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng telah mencapai standar KKM setelah di ajar dengan dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas soal 0,883 sebanyak 32 butir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa setelah di ajar dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa sebesar 22,08 dan standar deviasinya 1,36. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng tahun ajaran 2010/2011 yang diajar dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa telah mencapai nilai standar minimal.

 

Kata kunci:     Penelitian pra eksperimen, strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, statistik deskriptif dan statistik inferensial.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sahabuddin, 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suaidinmath. 2010. Startegi dan Metode Pembelajaran. Tersedia pada http://suaidinmath.wordpress.com/2010/05/14/strategi-dan-metode-pembelajaran. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010.

Sudjana, Nana. 2001. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tiro, Arif. 1999. Dasar-dasar Statistik. Makassar: Badan Penerbit UNM

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudi. 2009. Strategi Pembelajaran. Tersedia pada http://thewahyudi.blogspot.com/2009/03/ strategi-pembelajaran_25.html. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010.


Article Metrics

Abstract view : 856 times | PDF view : 170 times



Published by :

Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate,  South Sulawesi, Indonesia.

Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id