UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 24 MAKASSAR
(1) SMPN 24 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i1.943
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-1 SMP Negeri 24 Makassar dengan menggunakan strategi pembelajaran interaktif dan mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran fisika dengan mengunakan strategi pembelajaran interaktif. Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas IX-1 pada SMP Negeri 24 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Hasil analisis data berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar. Dimana hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan siswa lebih aktif dengan menggunakan strategi pembelajaran interaktif.
Kata kunci : Strategi pembelajaran, pembelajaran interaktif
Full Text:
PDFReferences
Direktorat SLTP, 2001. Pedoman Teknis Pelaksanaan Classroom Action Research, Jakarta: Direktorat SLTP.
Depdiknas, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia ed III, Jakarta: Depdiknas.
Masnur Muslich, 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Malang: Bumi aksara.
Nana Sudjana, 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pupuh Fathur Rohman dan M. Sobri Sutikno 2007, Strategi Belajar Mengajar, Refike Adiatama.
Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Winarno Surakhmad, 1989. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran, Bandung: Tarsito.
Article Metrics
Abstract view : 311 times | PDF view : 126 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License