PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA KABUPATEN BONE

Abdul Haseng(1*), Fitriaty Hamzah(2),

(1) SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone
(2) SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v8i3.921

Abstract


Abstract:

Authentic Assessment Tool for Improving Science Process Skills and Learning Outcomes of Physics at SMA Negeri 1 Lappariaja Regency of Bone. It has conducted research and development to produce learning tools such as syllabi, lesson plan (RPP), student activity sheet (LKS), and test results of learning (THB) based on authentic assessment. Development procedure referred to the four-D models. Field trial of the developed assessment tools was conducted in Class XI IPA1 of SMA Negeri 1 Lappariaja Regency of Bone. Before the field trial, the assesment tools firslyt validated by experts. Based on the results of the validation and the field trial, it was showed that the developed learning tools had valid criteria, practical and effective. In addition, the results of research by using the developed tools, it was showed that the results of the successful achievement before and after using this authentic assessment tools to aspects of science process skills moved from the category of moderate to high category, while for the aspects of physics learning outcomes, before using the authentic assessment, it was obtained that the average result of students were in incomplete category for minimum completeness criteria. After using the authentic assessment, students learning outcomes were in complete category. Based on these results, It could be concluded that authentic assessment tools developed in this study have ability to enhance the science process skills and physics learning outcomes of students class XI IPA at SMAN 1 Lappariaja Regency of Bone.

Abstrak:

Perangkat Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone. Telah dilakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang didasarkan atas penilaian autentik. Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada model four-D. Ujicoba lapangan perangkat yang dihasilkan dilaksanakan di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone. Sebelum ujicoba lapangan, perangkat yang dihasilkan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Selain itu, hasil penelitian dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan ini menunjukkan bahwa hasil ketercapaian keberhasilan sebelum dan setelah menggunakan perangkat penilaian autentik ini untuk aspek keterampilan proses sains bergerak dari kategori sedang hingga kategori tinggi, sedangkan pada aspek hasil belajar fisika, sebelum menggunakan perangkat penilaian autentik diperoleh nilai rata-rata dalam kategori tidak tuntas, untuk kriteria ketuntasan minimum yang telah ditentukan. Setelah menggunakan perangkat penilaian autentik hasil belajar siswa termasuk kategori tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat penilaian autentik yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone.

Kata Kunci: keterampilan proses sains, model pengembangan 4-D, penilaian autentik


References


Arikunto, S. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Corebima, Duran. 2007. Asesmen Autentik. Naskah Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLBG) di BSG Rayon 15 Universitas Negeri Malang, Nopember 2007.

Depniknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian: Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikti.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Fisika. Jakarta Depdiknas Ditjen Dikti.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, Mimin. 2009. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ibrahim, M. 2002. Assesmen Autentik (Authentic Assessment.Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah ,Departemen Pendidikan Nasional.

Johnson, E.2002.Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.

Khaeruddin dan Eko Hadi Sujiono. 2005. Pembelajaran Sains (IPA). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Linn. 1995. Meassurement and Assessment in Teaching.New Jersey. Colombus.Ohio: Prentice –hall Englewoodeliffs.

Marzano, J.Robert,Debra J. Pickering, Jay McTighe ,1994, Assessingg Student Outcomes, Perfprmance Assessment Dimenisions of Learning Model; Virgina Association for Supervision and curriculum development.

Muh. Said. L . 2009. Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.Tesis tidak diterbitkan . Makassar PPs. UNM.

Mulyana, H.E. 2005. Assessmen dalam Pembelajaran Sains SD. Online. (http://re-searchengines.com/0405edi.html). Diakses 9 April 2005.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar . Disertasi tidak diterbitkan . Surabaya : PPs UNESA.

Nurlina, 2009. Pengembangan Perangkat Activity-Based Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Eksperimen Fisika bagi Siswa pada Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar I . Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Nuryani, R. 2007. Assesmen dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Nasution .1999. Kurikulum Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Priatno Dwi. 2009. Mandiri Belajar SPS untuk Analisis Data dan Uji Statistik Yogyakarta : MediaKom.

Riduwan, 2008. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung : Alfabeta

Rustaman, N., Dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM.

Rusdi, A. 2008. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Online. http://anrusmath.wordpress.com/2008/08/16/pengembangan/. Diakses 30 Oktober 2010

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyosari Punaji, 2010 Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sri Poedji Astuti dan Nur Fadiawati. 2007. Assesmen dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Stevens, D. Dannelle, Antonia J.Levi,2005 Introduction to Rubrics an Assessment Tool to Seve Grading Time, Convey Effective Feedback and Promote Student Learning. Virgina: stylus.

Subaer. 2004. Research and Development (R&D) Design. Makalah yang disampaikan pada seminar nasional Research and Development. Tidak diterbitkan.

______, 2010, Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi (ALIHE) – Paket TOT Nasional ALFHE Decentralized Basic Education 2 – USAID

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta

Suherman, Erman. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Depdikbud

Sudjana, Nana 2008,Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi, M. 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., dan Semmel, M. I. 1974. Intructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran). Jakarta: Kencana.

______ ,2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Kencana Prenada Media Group

Wetzel, R David, 2009” Scientific Inquiry as a Process for Learning”. Online (http://curriculalessons.suite 101.com/article.cfm/scientific.inquiry as a process for learning). Diakses 13 April 2011.


Article Metrics

Abstract view : 588 times |

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License