PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 29 SATAP MALAKA KAB. MAROS

Irwan Haidir(1*), Aisyah Azis(2), Abdul Samad(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universiatas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v8i3.918

Abstract


Abstract:

The Implementation of Learning Model Type Connected to Improved the Physics Learning Outcomes at 29 Satap Malaka Kabupaten Maros. This was a pre-experimental research with One Group Prettest – Posttest Design, aimed to determines the improvement of student’s learning outcomes after tough using Integrated learning Model Type Connected The Independent variable of this research is integrated learning Model Type Connected, white the dependent variable is student’s learning outcomes in light subject matter. The sample is class VIIIA white 25 student’s data of this research by pretest and posttest of learning outcomes in light’s subject. The instrument used is the test that has been validated. Descriptive analysis results showed an average score of student learning outcomes at grade VIIIA SMP 29 SATAP Malacca Kab.Maros before taught integrated learning type is 14.26 ± 6.64,and after taught using integrated learning type connected is 20 , 18 with a standard deviation of 5.02. The results showed that the average score is increased after student’s thoug using integrated learning type connected. Based on N – Gain analisys, the average of N – Gain is 0,63. If cant be connected thad the student’s outcomes at grade VIIIA SMP Negeri 29 Satap Malaka Kab. Maros after tough using integrated learning outcomes type connected in light subject on middle catelearning achievement before and gory.

Abstrak:

Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 29 Satap Malaka Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diajar dengan model pembelajaran terpadu tipe connected. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected sedangkan variabel tak bebasnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi cahaya. Sampel penelitan ini adalah kelas VIIIA dengan jumlah 25 orang. Disain Penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok cahaya berupa pretest dan posttest.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 29 Satap Malaka Kab.Maros sebelum diajar dengan pembelajaran terpadu tipe connected adalah 14,26 dengan standar deviasi sebesar 6,64, setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran terpadu tipe connected adalah 20,18 dengan standar deviasi sebesar 5,02. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis N-Gain diperoleh peningkatan rata-rata N-Gain sebesar 0,63. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 29 Satap Malaka Kab.Maros setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi cahaya berada pada kategori sedang.

Kata Kunci : pembelajaran terpadu tipe connected, hasil belajar, dan cahaya


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, 1989, Pengantar Metodik Didaktik, Bandung: Armico.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2003, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik Oemar, 2003, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar, 2003, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, 2002, Mengajar dengan Sukses, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, 1995, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Riduwan, 2006, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawa dan Peneliti Muda, Bandung: Alfabeta.

Slameto, 1998, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2007, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, Hamzah B., 2007, Teori Hasil dan Pengukura


Article Metrics

Abstract view : 1070 times | PDF view : 1655 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License