PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI MEKANIKA BENDA TITIK KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 RANTEPAO

Silka Silka(1*), Aslim Aslim(2), Nurhayati Nurhayati(3),

(1) Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v8i3.916

Abstract


Abstrack :

The Implementation of Cooperative Learning Type Jigsaw to the Learning Outcome of Physics in Particles Material for X1 IPA 1 Class, SMA Negeri 2 Rantepao. This research was pre-experimental research with aims to gathering the information about the learning outcome of Physics of the class XI IPA 1 students of SMA Negeri 2 Rantepao, whether the students has reached the Minimum Completeness Criteria or not by using cooperative learning type jigsaw. The population all at once the sample of this research was 34 students. The design used by the researcher was one shot case study design. The instrument of this research is learning outcome test of physics which fulfill the validity criteria for 20 of 32 numbers of questions. Technique of data analysis used by the researcher in this research is statistic escriptive and inferential. The result of descriptive analysis show the average score of the students’ learning outcome of Physics in class XI IPA 1, SMA Negeri 2 Rantepao, after taught by using cooperative learning type Jigsaw is 82,50 and the standard deviation is 1,33.

Abstrak:

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Mekanika Benda Titik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Rantepao. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Rantepao telah mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau belum setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 peserta didik. Desain yang digunakan adalah One shot Case Study Design. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Rantepao telah mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika yang memenuhi kriteria valid sebanyak 20 butir dari 32 butir soal.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Rantepao setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 82,50 dan standar deviasi sebesar 2,58. Analisis inferensial menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berperan pada pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Rantepao tahun ajaran 2012/2013.

Kata Kunci: hasil belajar, jigsaw, model pembelajaran kooperatif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 452 times | PDF view : 2155 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License