PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENGAJARKAN MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

Herman Herman(1*),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v8i1.802

Abstract


Abstract

The objective of the research is to produce a learning instruments of direct instruction in teaching the equilibrium of rigid body which is valid, practical, and effective. This study is development  research. The desired products to be produced is the learning instruments of direct instruction to teach the equilibrium of rigid body lesson which is valid, practical, and effective. The product consists of four components (1) student’s book, (2) student’s’ worksheet, (3) the lesson planning, and (4) competence achievement test. The development  process employs 4-D Model from Thiagarajan, Semmel, and Semmel. The test is conducted to class XI of science 2 students at SMA Negeri 15 Makassar. The result from the test is the learning instrument which is valid, practical, and effective. Based on the implication and result of the research, it is suggested that (1) to Research who are interested to develop further study to be aware on the research limitation in order to improve this study, (2) the develop to other material/lesson to motivate students to be active, enjoy, and interested to study physics.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan perangkat pembelajaran model pengajaran langsung dalam mengajarkan materi kesetimbangan benda tegar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model pengajaran langsung untuk mengajarkan materi kesetimbangan benda tegar yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebut terdiri atas 4 komponen, yaitu: (1) Buku Siswa, (2) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Tes Pencapaian Kompetensi. Proses pengembangan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 15 Makassar. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut adalah perangkat pembelajaran model pengajaran langsung yang valid, praktis, dan efektif. Sebagai implikasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini, disarankan: (1) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian, sehingga penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini, (2) pengembangan perangkat pembelajaran model pengajaran langsung hendaknya dikembangkan juga untuk materi lain agar dapat membuat siswa lebih aktif, senang, dan tertarik dalam belajar fisika.

Kata Kunci: pengembangan perangkat, model 4-D, model pengajaran langsung


Article Metrics

Abstract view : 902 times |

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License