ANALISIS MISKONSEPSI FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA HASANUDDIN GOWA

Anggi Ayu Ustari(1*), Pariabti Palloan(2), Ahmad Dahlan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v20i1.54592

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi peserta didik SMA pada konsep usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus tahun ajaran 2023/2024 di SMA Hasanuddin Gowa.  Sampel   dipilih  menggunakan   simple random sampling,   yaitu   teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 61 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan atau kondisi, yang hasilnya dilaporkan dalam bentuk laporan hasil penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen two tier test berupa soal pilihan ganda dua tingkat dengan membagi pemahaman konsep peserta didik dalam kategori memahami, miskonsepsi dan paham konsep yang terdiri dari 12 butir soal dan juga dilakukan wawancara peserta didik. Berdasarkan hasil analisis instrumen two tier test, diperoleh kesimpulan bahwa terdeteksi miskonsepsi pada semua sub konsep usaha dan energi, yaitu usaha, teorema usaha energi kinetik, energi potensial, dan hukum kekekalan energi mekanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi sebanyak 45% peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Agustiana, I. G. A. T., & Tika, I. N. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Penerbit Ombak.

Bastomi, K., Winarto1, & Purwaningsih1, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif S Eminar N Asional F Isika Dan P Embelajarannya 2017. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya 2017, 2, 192–193.

Bueche, F. J., & Hecht, E. (2006). Fisika Universitas Edisi Kesepuluh. Penerbit Erlangga.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136.

Entino, R., Hariyono, E., & Ap, N. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada materi Fisika. 6(1), 177–182.

Hasim, & Ihsan, N. (2011). Identifikasi Miskonsepsi Materi Usaha, Gaya Dan Energi Dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Malangke Barat. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 7(1), 25–37.

H.Lestari, P., & Hidayat, M. S. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Usaha Dan Energi Di Kabupaten Kendal. Unnes Physics Education Journal, 10(3).

Mustaqim, T. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan.

Pada, C. R. I., Sma, S., & Bondowoso, D. I. (2018). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018. 3.

Putro Widoyoko Eko.(2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Robo, F., Palilingan, R. N., & Mondolang, A. H. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fisika Di SMA Negeri 8 Halmahera Timur Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal Pendidikan Fisika Charm Sains, 2(2), 120–125.

Rusli, Wirawan.,Abdul Haris & Ahmad Yani (2016). Studi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Mkassar Pada Pokok Bahasan Gerak Dan Gaya. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika. 12(2), 192-199.

Salirawati, Das.(2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia pada Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.2.

Sudaryono. (2018). Dasar- Dasar Fisika.Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bangung: Alfabeta.

Sumarjono. (2005). Fisika Dasar. Universitas Negeri Malang.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. PT. GRASINDO.

Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan Dan Analisis Tes Untuk Penelitian Hasil Belajar Bidang Kognitif. PT Refika Aditama.

Zafitrri Reni Eka, dkk. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik Untuk Miskonsepsi Pada Materi Usaha Dan Energi Berbasis Adobe Flash Kelas XI di MA NW Samawa Sumba Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan, 2(2), 19-34.


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 3 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License