META-ANALISIS: PENERAPAN E-MODUL BERBASIS EXE-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA

Indri Mardiyatus Soleha(1*), Hadma Yuliani(2), Jhelang Annovasho(3),

(1) Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK IAIN Palangka Raya
(2) Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK IAIN Palangka Raya
(3) Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK IAIN Palangka Raya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.48394

Abstract


This study aims to estimate the application of  exe-learning-assisted e-modules  in science learning in Indonesia. This meta-analysis research method includes problem formulation, data collection (study), data coding, data analysis, and interpretation. After searching for journals, 16 journals were found that discussed the application of  exe-learning-assisted e-modules in science learning. Of these, 6 articles meet the established criteria, namely research using  exe-learning-assisted e-modules  in science learning in Indonesia. The results of this study revealed that there was a significant positive effect in the application of  exe-learning-based e-modules in science learning. The research findings showed that the results of the meta-analysis showed  an effect size  value of 0.9, which indicates a high level of effectiveness of 82% in improving learning abilities and outcomes.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN | Abdullah | Lantanida Journal. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866/1387

Adittia, A. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5227

Ambarsari, D. (2016). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD. BASIC EDUCATION, 5(12), Article 12.

Angraena, A., & Arini, W. (2021). Kevalidan dan Respon E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Musi Rawas. … PENDIDIKAN ILMU FISIKA, Query date: 2023-01-17 04:09:49. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SJPIF/article/view/1426

Azizah, S., Khuzaemah, E., & ... (2017). Penggunaan media internet eXe-Learning berbasis masalah pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. … : Jurnal Pendidikan Sains, Query date: 2023-02-15 07:31:57. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/1957

Casmunah, C., Okyranida, I., & ... (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X SMA. … Pendidikan Fisika, Query date: 2023-01-23 04:27:27. http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/schrodinger/article/view/3074

Copriady, J. (2014). Penerapan spbm yang diintegrasikan dengan program exe learning terhadap motivasi hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. Jurnal Pendidikan, Query date: 2023-01-24 11:19:28. https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/2508

Emma, S. (2021). Studi Meta Analisis Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM). repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/15171/

Febryana, N. E., Septiana, N., & Rohmadi, M. (2021). Literasi Sains Siswa Kelas IX Dengan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Exe Learning Pada Materi Pewarisan Sifat. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6638

Fitriyani, Yuliani, H., & Rohmadi, M. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Materi Fisika. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsnfa/article/download/78-84/29270

Hidayat, Y. (2010). IMAJERI MENTAL DAN KETERAMPILAN MOTORIK. 6.

Hobbs, R. (2011). Digital and Media Literacy: Connecting Culture and Classroom. In Corwin. Corwin, A SAGE Publications Company.

Humairah, E. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Power Point Guna Mendukung Pembelajaran IPA SD. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.196

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682

Kholili, A., Shoffa, S., & Soemantri, S. (n.d.). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA : KAJIAN META ANALISIS.

Lubis, A., & Napitupulu, E. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Penggunaan Media Exelearning dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP …. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi …, Query date: 2023-01-24 11:19:28. https://www.academia.edu/download/66604424/4420.pdf

Luthfiatul CN, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Elearning XHTML Editor (EXE) Pada Pokok Bahasan Pemuaian Untuk SMK Kelas X [Bachelor, Universitas Ahmad Dahlan]. https://eprints.uad.ac.id/15775/

Machril, S. Y., & Darwin. (2015). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EXE (ELEARNING XHTML EDITOR) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN. Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 1(1 JUNI), Article 1 JUNI. https://doi.org/10.24114/eb.v1i1.2830

Mansyur, & Iskandar, A. (2017). Meta Analisis Karya Ilmiah Mahasiswa Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Scientific Pinisi, 3(Query date: 2023-01-18 19:27:20). https://ojs.unm.ac.id/pinisi/article/download/4384/2529#:~:text=Meta%20analisis%20adalah%20suatu%20teknik,meninjau%20dan%20meringkas%20penelitian%20sebelumnya.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Muliaman, A. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORINETASI eXe LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR …. digilib.unimed.ac.id. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30495

Nisa, U., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). META ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.960

Nurdin, S., & Setiawan, W. (2016). Improving Students’ Cognitive Abilities And Creative Thinking Skills On Temperature And Heat Concepts Through An Exelearning-Assisted Problem Based Learning. 5(12).

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A., Subali, B., & ... (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala …, Query date: 2023-02-15 12:48:15. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL ANGKA DAN HURUF UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607

Rohmat, R., Sulistyono, S., & ... (2019). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Exelearning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. … Jurnal Penelitian Ilmu Dan …, Query date: 2023-01-24 11:19:28. https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica/article/view/2395

Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SENI MUSIK UNTUK SISWA SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2526

Rusmansyah, R. (2022). Pelatihan Pembuatan E-Modul Menggunakan eXe-Learning di Lingkungan Lahan Basah. repo-dosen.ulm.ac.id. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/23170

Sianturi, B. (n.d.). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA EXE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA …. JGK (Jurnal Guru Kita), Query date: 2023-01-22 13:06:03. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/9439

Silalahi, M. (2020). Pengembangan Media Exe-Learning Pada Kimia Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, Query date: 2023-01-24 11:19:28. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/29293

Supardi, K. (2017). MEDIA VISUAL DAN PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR.

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Tania, L. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), Article 2. https://ejournal.unesa.ac.id

Ulfa, A. M., Herdini ’, & Rery, R. U. (2016). PENERAPAN MEDIA EXE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DIKELAS X SMA NEGERI 9 PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), Article 2.

Vanorika, K. B., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2016). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI JARINGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8529

Widiara, I. K. (2018). BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Purwadita : Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55115/purwadita.v2i2.87

Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207

Yayang, E. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MOODLE PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN. EDUTECH, 18(1), 25. https://doi.org/10.17509/e.v18i1.14113


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 33 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License