PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK SISWA SMA

Rika Yussafitri(1*), Derlina Derlina(2),

(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.48311

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi alat-alat optik untuk siswa SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan valid ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 94,37% dan ahli strategi pembelajaran dengan presentase 89,37%, serta validasi ahli media dengan presentase 94,37% yang termasuk kategori sangat valid. Respon peserta didik pada kelompok kecil sebesar 61,2% dengan kategori praktis dan pada kelompok besar sebesar 89,27% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil penilain tes hasil belajar pada kelompok kecil memperoleh kenaikan skor N-gain sebesar 0,4  dengan kategori sedang dan pada kelompok besar memperoleh skor N-gain sebesar 0,5  dengan kategori sedang, maka E-LKPD berada dalam kategori efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Kartu Bilangan pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMPN 5 Sleman. Universitas Sanata Dharma.

Augustha, dkk. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended untuk Kelas XI SMA/MA SederajaT. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Firdausi, & Suchayo. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Elastisitas Bahan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 351–358.

Hamidah, dkk. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212–2223.

Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis E-LKPD (Elektronik - Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemendikbud. (2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Lathifah, dkk. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5.

Mukti, dkk. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 57–63.

Suastika. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Pada Tema 9 Subtema 1 Muatan Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 129–137.

Oktarinah, dkk. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X Sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 80-85–85.

Ramadhani, & Derlina. (2022). Penerapan Tutor Sebaya pada Pembelajaran Fisika SMA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 10(1), 59–67.

Relia, L. (2012). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif , Inovatif , dan Produktif (KIP). PRISMA(Prosiding Seminar Nasional Matematika), 97–103.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian (7 ed.). Bandung: Alfabeta Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari & Lepiyanto, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Scientific Approach Siswa Sma Kelas X Pada Materi Fungi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 41–48.

Ulandari, A., & Mitarlis. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berwawasan Green Chemistry Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2764–2777.


Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 60 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License