ANALISIS AWAL WAHANA TIGER CAMP LUBUK MINTURUN KOTA PADANG SEBAGAI EDUPARK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Puti Ramadhani(1), Fuja Novitra(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i3.47880

Abstract


Edupark merupakan pembelajaran fisika ditempat wisata alam dan buatan yang dikaitkan dengan konsep-konsep fisika yang dijadikan sarana pembelajaran. Tiger Camp Lubuk Minturun, Padang merupakan kawasan wisata lokal yang memiliki beberapa objek wisata buatan. Pada umumnya pengunjung objek wisata hanya memanfaatkan pemandangan alamuntuk berfoto, kolam renang, villa, dan beberapa objek wisata lain. Tanpa mereka sadari ternyata banyak sekali konsep-konsep esensial fisika yang terdapat didalamnya.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui konsep-konsep esensial fisika pada wahana Tiger Camp. Pengumpulan data dilakukan dengan survei dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahawa terdapat konsep esensial fisika pada wahana tiger camp lubuk minturun dalam pembelajaran fisika kurikulum 2013.


Full Text:

PDF

References


Agustia, F. S., Darvina, Y., & Yurneti. (2016). Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statik Dan Dinamik Fisika Sma Kelas Xi. Pillar of Physics Education, 9, 17–24.

Basri, S., & Akhmad, N. A. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 164-171.

Basri, S., & Akhmad, N. A. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 164-171.

ELvisa, G. O., & Festiyed, F. (2019). Meta-Analisis Landasan Ilmu Pendidikan Pada Pengembangan E-Book Edupark Fisika Berdasarkan Destinasi Pantai Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1).

Lestari, N. V., & Rifai, H. (2020, March). Preliminary analysis of Bukik Chinangkiek edupark’s potential as a learning resource for physics in senior high school at X Koto Singkarak Solok, Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1481, No. 1, p. 012049). IOP Publishing.

Rifai, H., Yohandri, Y., Sari, D. P., & Emafri, W. (2019). Pengintegrasian Wahana Permainan Wisata Alam Ngarai Sianok dan Wisata Buatan MiFan Water Park Padang ke dalam Materi Fisika. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 109-116.

Sadraini, A., & Hamdi, H. (2021). Praktikalitas dari Pengembangan E-book Edupark Fisika dengan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Destinasi Rumah Gadang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).

Sari, A. P., & Hamdi, H. (2019). Meta-Analisis Landasan Ilmu Pendidikan pada Pengembangan E-book dan Edupark Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 5(2).

Sari, A. P., & Hamdi, H. (2021). Praktikalitas Ebook Edupark Fisika Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Destinasi Wisata Panorama Tabek Patah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 7(2), 136-143.

Sari, D. P., Hamdi, H., & Emafri, W. (2020). Efektivitas Buku Ajar Edupark Fisika Mifan Water Park Padang Panjang Sebagai Sumber Belajar untuk Fisika SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1).

Sufetri, Y. (2021). Validity Of Edupark Based Electronic Physics Module Hot Spring Padang Ganting For Senior High School. Pillar Of Physics Education, 13(4), 529-536.

Trisma, E., Hamdi, H., & Sari, D. P. (2020). Tingkat Penerapan Pendekatan Saintifik antara Buku Ajar Edupark Fisika Mifan Waterpark Padang Panjang dengan Buku Standar. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(1), 66-72

Viviandri, V., Hamdi, H., Akmam, A., & Mufit, F. (2020). Validitas multimedia interaktif berbantuan i-spring suite 8 berdasarkan edupark fisika untuk siswa sma kelas x. Pillar Of Physics Education, 13(2).

Wulandari, A. (2021). Validity of physics mobile learning media Edupark of Bayangsani South Coast Fluid on fluid material for High School Students using the Android Studio Application. Pillar of Physics Education, 13(4), 475-483.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 32 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License