VALUASI GUA LEANG LONRONG KAWASAN KARST PANGKEP TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG SEBAGAI KAWASAN WISATA MANDIRI

Nur Azizah Jaya(1*), Muhammad Arsyad(2), Agus Susanto(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i3.45863

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan valuasi sumber daya air serta pemanfaatan air sungai bawa tanah yang berkelanjutan di Kawasan Gua Leang Lonrong. Data yang digunakan data sekunder berupa data Debit Air tahun 2015-2020 yang diperoleh dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS). Kemudian menganalisis data debit air harian untuk menghitung besarnya ketersediaan air di Sungai Leang Lonrong dengan menghitung nilai rata-rata debit air harian selama 6 (enam) tahun kemudian membuat plot grafik air harian pada Microsoft excel 2016. Selanjutnya melakukan prediksi debit air pada sumber air di Sungai Leang Lonrong untuk meramalkan pola yang akan datang dengan pendekatan model ARIMA dengan cara melakukan Uji Stasior data, mencari model ARIMA, melakukan pengujian ARIMA dan melakukan peramalan (prediksi) berdasarkan data debit air yang diperoleh untuk melihat ketersediaan Air Sungai Bawah Tanah di Gua Leang Lonrong. Hasil analisis debit air berdasarkan hasil prediksi (2021-2024) di Kawasan Gua Leang Lonrong memiliki debit air tertinggi pada bulan Desember tahun 2024 sebesar 4,41 /s atau 139,1 /tahun sedangkan debit air terendah terjadi pada bulan September tahun 2021 sebesar 2,81 /s atau 88,63 /tahun ini menunjukkan bahwa keberlanjutan ketersediaan air selalu ada tiap tahunnya sehingga daya dukung air ditentukan oleh kemampuan ketersediaan air ini berarti bahwa hasil pengolahan data yang diperoleh tidak sesuai dengan teori ini dikarenakan debit air sungai Leang Lonrong dapat berubah-ubah menurut curah hujan dan keadaan biofisik DAS.

Kata Kunci:Leang Lonrong, Wisata Mandiri, Debit Air


Full Text:

PDF

References


Agniy, R. F., Cahyadi, A., & Nurkholis, A. 2017. Analisis karakteristik akuifer karst dengan uji perunutan dan pemetaan Gua. Proceeding, Kongres & Pertemuan Ilmiah Tahunan Ke-2

Arsyad, M. 2013. Estimasi ketersediaan air sungai bawah tanah dan pemanfaatan berkelanjutan di kawasan Karst Maros Sulawesi Selatan. Disertasi. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Hatma, S. 2006. Strategi pengelolaan ekosistem karst di Kabupaten Gunung Kidul. Makalah di sampaikan pada seminar Nasional Strategi Rehabilitas Kawasan Konservasi di Daerah Padat Penduduk. 9 Februari 2006, di UGM Yogyakarta.

Irma F dan Primadina H. 2017. Penerapan Algoritma Kalman Filter dalam Prediksi Kecepatan Angin di Kota Balikpapan. SPECTA Journal of Technology. 1(2).

Kusumawati, I. 2016. Analisis daya dukung lahan dan daya tamping air di Sungai Pudu di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Jurnal of Environmental Engineering & Waste Managemen. 1(1): 35-45

Kusumayudha, S.B. 2005. Hidrogeologi Karst dan Geometri Fraktal Daerah Gunungsewu. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Nurhayati. 2019. Pengelolaan Ekowisata Leang Londrong Berbasis Desa Di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Talenta Conference Series. 88-96.

Nurissaidah U dan Yuniar F. 2018. Prediksi Cuaca Kota Surabaya Menggunakan Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) Box Jenkins dan Kalman Filter. Jurnal Matematika "Mantik". 4(1). 59-67.

Palloan, P., Arsyad, M., & Malago, J. 2020. Analisis Mineral Bawah Permukaan Kawasan Gua Leang Lonrong Pangkep TN Babul Berdasarkan Karakteristik Curah Hujan. Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Sari, R. P., Arsyad, M., & Tiwow, V.A. 2019. Analisis Mineral Pembentuk Facies Gua Salukang Kallang Kawasan Karst Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Maros. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Jilid 15 (3): 78 -85

Sudipa. et al. 2020. Dampak social budaya masyarakat di Kawasan Pariwisata Nusa Penida. Jurnal Penelitian Budaya. 5(2):60-66

Suharto, 2017. Emprowerment Strategy Masyarakat Desa Wisata Kebonagung Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Media Wisata 15(1): 595-597.

Tias, S. et al. 2017. Perbandingan menggunakan metode Exponential Smoothing Holt Winters dan ARIMA. UNNES Journal of Mathematics. 6(1)


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 9 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License