HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA SMAN 11 PANGKEP

Aulia Nurkarima Jais(1), Usman Usman(2*), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.45309

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 11 Pangkep, Untuk mengetahui hubungan yang positif antara kecerdasan logis matematis dengan hasil fisika peserta didik kelas XI SMAN 11 Pangkep, dan Untuk mengetahui hubungan yang positif secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 11 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 165 orang peserta didik dari kelas XI IPA. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen lembar angket kecerdasan emosional, tes kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar fisika. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan logis matematis peserta didik kelas XI IPA SMAN 11 Pangkep memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar fisika hal ini didukung oleh hasil uji regresi linear, dimana diperoleh nilai 0,001 dan berdasarkan r2= 0,407 menunjukkan 49,721% kontribusi variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar fisika sedangkan sisanya 50,279% dipengaruhi oleh faktor variabel lain.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan logis Matematis, Hasil Belajar Fisika


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Liberty

Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

D P Arum, T. A. (2018). Students’ logical-mathematical intelligence profile . Journal of Physics.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Dwi Novitasari, A. R. (2015). Profil Kreativitas Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial Dan Logis Matematis Pada Siswa Sman 3 Makassar. Jurnal Daya Matematis.

Fauziah, K.R., Nurhayati., M. Arsyad. (2015). Analisis Hubungan antara Kecerdasan Logis Matematis dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Vol 11 No 3.

Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Tingkat Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2004). Emotional intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gusnawati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif.

Imam Gunawan, (2017). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.

Indrati, E.N., Sofianuddin, P.A. (2015). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gratis. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Vol 5 No 1.

Indriyanti, Yosaphat H.N., Nani M. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKN di Kelas XI SMAN 1 Ambarawa Semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol 6 No 8.

Kiki Rizki Fauziah, N. M. (2015). Analisis Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri Di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika .

M. Ali Gunawan (2015). Statistik Penelitian Bidang Penelitian, Psikologi dan Sosial dilengkapi dengan Contoh Secara Manual dan SPSS. Yogyakarta : Parama Publishing.

Mukhidin. (2011). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah pada Materi Operasi Vektor Mata Pelajaran Fisika di MAN Kendal Tahun Ajaran 2011/2012.

Mundilarto. (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Naim, N. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2017). Penelitian pendidikan kualitatif, kuantitatif, D&D. Jogjakarta: Alfabeta.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Formatif.

Sunardi. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII G SMPN 3 Surabaya. Jurnal MathEducation Nusantara. Vol 2 No 1.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika.

Tiro, M. A. (1999). Dasar-Dasar Statistika (Edisi Revisi). Makassar: State University Of Makassar Press.

Wade, C. &. (2007). Psikologi, edisi ke-9. jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 24 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License