PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR

Ratna Dwi Rahayu(1*), Eko Prayitno(2),

(1) Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i1.44491

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH, TPS berbantuan alat peraga dan ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan alat optik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data awal dalam penelitian ini diperoleh dari hasil mid semester mata pelajaran fisika semester 2 pada materi getaran dan gelombang. Hasil data awal kelas eksperimen I, eksperimen II dan kontrol dilihat secara berurutan 39.64, 42.53, 45.82. Hasil data akhir diperoleh dari hasil evaluasi dilihat secara berurutan 56, 47.43, 42.18. Karena hasil belajar kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II lebih besar dari kelas kontrol, jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CRH dan TPS lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada pemebelajaran fisika materi alat optik di SMP N 2 Bangsri Jepara.


Full Text:

PDF

References


Amirudin, S. S.. 2010. Sistem Pembelajaran Berba¬sis LTSA Materi Gelombang dan Sifat-sifat-nya dengan Metode Problem Solving. Jurnal Teknologi Informasi, 6(1):47-55.

Ani, ni kadek, Garminah, ni nyoman, & Suartama, i kadek. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran CRH Berbantuan Lks Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas.

Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Desy, P., Sari, K., & Tastra, I. D. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay ( CRH ) Berbantuan Media Benda Kongkrit Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (1).

Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Feni, dkk. 2011. Penggunaan Alat Peraga Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN No. 3 Ogoamas I Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala. File:///D:JURNAL/JURNAL%20ONLINE/ipi319825.pdf.

Gok, T.& Silay, I.. 2008. Effect of Problem Solving Strategy Teaching on the Problem-Solving Atitude of Cooperating Learning group in Physics education. Journal of Theory and Practice in Education. (Online), 4 (2):253-266.

Haris, A., & Amal, A. (2016). Pendidikan Dicerminkan Pada Terselenggaranya Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Didalam Kelas Ynag Didukung Oleh Sarana Dan Prasana Yang Memadai, Misalnya Media , Bahan Ajar dan Lingkungan. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 12(1).

Hutauruk, P & Simbolon, R.2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal. Vol. 8. No 2.

Indrawati, A. W. T., & Harijanto, A. (2017). Implementasi Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Momentum dan Implus di MAN. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 256.

Kasio. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Prestasi Belajar Fisika pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di Kelas VII Semester I SMP Swasta An-Nizam Medan T.P 2012/2013. http://digilib.unimed.ac.id. Diakses tanggal 5 April 2019.

Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 01 (1) (2016) 15-22, 1(1), 15–22.

Mahanani, E. P., Suhito, & Mashuri. (2013). Keefektifan Model Course Review Horay Berbantuan Powerpoint Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2252).

Marteyani, N. 2011. The Use Cooperative Learning Model Course Review Horay Type of Student Activities and Results of the Characteristics on the Living Class VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung Academic Year 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi: 3-12.

Nurnawati, E., Yulianti, D., dan Susanto, H. 2012. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal. Vol 1(1): 1-7.

Ornek, F. , Robinson, W.R. dan Haugan, M.P.. 2008. What Make Physics Difficult?. International Journal of Enviroon¬mental & Science Education, 3(1): 30-34.

Rozi, F. (2014). penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (crh) pada materi memelihara transmisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi tkr 3 smk pgri 1 lamongan, 2, 76–81.

Setiyaningsih. (2014). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bentuk Pasar Dengan Metode Course Review Horay (Crh) Berbantuan Media Gambar Kelas Viii Smp N 1 Bulu Kabupaten Sukoharjo. Economic Education Analysis Journal, 2(3).

Siswanto. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Alat Peraga Organ Tubuh Manusia (Torso) Pada Siswa Kelas V SDN Manggisan 1 Tanggul Kabupaten Jember. file:///C:/Users/axioo/Downloads/1336-1-2562-1-10-20150218.pdf. Jurnal online. Pancaran.Vol 4, No.1, hal 129-140. (Diakses pada tanggal 10 Mei 2019).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugianti, U., & Lesmono, A. D. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Sertai Permasalahan Plikatif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Tanggul pada materi Kinematika Gerak. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 225.

Sundayana, Rostina. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Ummi, S. dan Rahmatsyah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Menggunakan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Inpafi. Vol 2(3): 164-171.

Wahyudi. 2006. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Fisika dengan Memvisualkan


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 38 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License