PEMANFAATAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS E-MODUL PRAKTIKUM FISIKA

Rina Wati(1*), Putut Marwoto(2), Siti Wahyuni(3),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i1.43997

Abstract


Penguatan profil pelajar Pancasila dapat dilakukan melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler dan kegiatan ekstrakulikuler yang didalamnya fokus terhadap pembentukan karakter dengan memanfaatkan bahan alam berbasis e-modul praktikum fisika. Tujuan dari penelitian untuk memahami mengenai profil pelajar Pancasila sebagai orientasi baru dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia dengan memanfaatkan bahan alam sebagai bahan praktikum pada materi fisika berbasis e-modul. Penulisan penelitian ini menggunakan penelitian pustaka untuk mendapatkan data dan sumber yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui penguatan profil pelajar Pancasila dengan memanfaatkan bahan alam berbasis e-modul praktikum pada materi fisika dapat meningkatkan pembentukan karakter dan kemampuan yang dibangung dalam keseharian dan kehidupan dalam diri setiap individu. Hal ini didukung oleh beberapa indicator yang mencakup profil pelajar Pancasila, diantaranya adalah; beriman bertaqwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia, mandiri, berfikir kritis, kreatif, bergotong royong, berkhibenikaan global.

 

Kata Kunci : Penguatan Profil Pelajar Pancasila, E-Modul, Praktikum Fisika.


Full Text:

PDF

References


Alsabahi, M. A., Maisurah, K., Bahador, K., & Saat, R. M.(2021). Cogent Business & Management The Influence Of Personal Charakteristics and workplace learning on information technology competency among external auditors: The role organisational culture as a moderator the influence of personal characteristics and wo. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1899625

Dewi, Asri, & Suniasih. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Penghetahuan PpKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 33-34 https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790

Horward, R.W., Brrkowitz, M.W., & Schaeffer, E. F. (2002). Politics Of Character Education. Education Policy, 18(1), 188-215. Https://Doi.Org/10.1177/0895904803260031

Halimah, L., Arifin, R. R. M., Yuliariatiningsih, M. S., Sutini, A., & Abdillah, F. (2020). Storytelling Through “ Wayang Golek” Pupet Show : Practical Ways In Incorporating Character Education In Early Childhood. Cogent Education, 7(1), 1-12.Https://Doi.Org/10.1080/2331186x.2020.1794495

Siregar, V. V., Mugowin, & Jonata. (2021). Pembelajaran Pkn dengan Pembentukan Karakter Siswa Paradigma Integratif Guna. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(2), 313-319. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i2.35232

Jihad, Asep, Muchlas Rawi, dan Noer Komarudin. 20010. Pendidikan Karakter: Teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi Aiman Faiz, Imas Kurniawaty 2. JURNALBASICEDU, 6(3), 3222-3229.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru Dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544-1550.

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki hajar Dewantara dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. SOCIAL : jurnal Inovasi pendidikann IPS, 1(3), 177-187.

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

Rasyid, Hanung. 2016. “implementasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di madrasah Aliyah’. Dalam social jurnal ilmu-ilmu sosian Juni 2016. Vol. 15 No. 1 ISSN 18295797. Hal 3-90

Baehaqi, M. L. (2020). Stengthening Discipline Character of Students at Muhammadiyah Boarding-School (MBS) Muhiba Yogyakarta. Dinamika Ilmu, 20(1), 63-82. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.1671.

Marhayani, D. A. (2016). Development of Character education Based on Local Wisdom in Indegenous People Tengahan Sedangagung. JETL (Journal Of education, Teaching and Learning), 1(2), 66. https://doi.org/10.26737/jetl.v1i2.40.

Erliani, S. (2017). Peran Gerakan Pramuka Untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, VII(1). https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v7i1.2020.

Sulistiyono, Mundilart, Heru kuswonto. (2019). Pengembangan instrument penilaian kerja laboratorium fisika untuk mengukur sikap dan tanggung jawab siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (jmpf), Vol. 9(1). https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31620/21186

Kemendikbud RI. (2021). Program sekolah penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-SekolahPenggerak.pdf

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 1-108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Pendidikan dan Kebudayaan, K. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Kemendikbud, 1-74. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132304482/lainlain/buku-peta-jalan-pendidikan-indonesia.pdf

Dasar, D. S., & Pendidikan, K. (2021). Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/BUKU-TUNAS-PANCASILA.pdf

Media, Y. (2021). Penguatan Profil pelajar Pancasila program sekolah penggerak. https://www.yoru.my.id/2021/07/penguatan-profil-pelajar-pancasila.html

Fahri, F. (2022). Gaya Kempemimpinan Demokratis Guru Pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3364-3372.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. JURNAL BASICEDU, 6(4).

Nikmatin Mabsutsah., Yushardi. (2022). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap E-Modul Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, Vol. 12(2), 2088-0294.

Dilek, H., Tasdemir, A., Konca, A. S., & Baltaci, S. (2020). Preschool Children’s Science Motivation and Process Skills During Inquiry-Based STEM Activities. Jpurnal Of Education in Science, Envirobment and Health, 6(2), 92-104. https://doi.org/10.21891/jeseh.673901

Miller, B. A. K., Stevensoos, A.D., & Casler-Failing, S. L. (2021). Expanding STEM Membership: Using Science Process Skills In A Social Justice Curriculum To Combat Stereotype Threats And Build Self-Efficacy In African American Students. Journal Of Edication Research And Practice, 11(1). https://doi.org/10.5590/jerap.2021.11.1.18.

Kemenristekdikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

Budiarti Indah Slamet, Winarti, & V. (2022). Effectiveness of Brain-Based Teaching Strategy On Students’ Achievement and Score Levels in Heat Energy. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(1), 20-29. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i1.45

Suastra, I. W., Jatmiko, B., Ristiati, N. P., & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing Characters Based on local wisdow of bali in teaching Physics in senior high school. Journal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306-312. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681

Daniel Zuhron. (2021) Tunas Pancasila (Vol. 1). Direktorat Sekolah Dasar

Iswitiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan local di sekolah. Satwika: kajian ilmu budaya dan perubahan sosial, 3(2), 155-164.

Maharani, L.A., Furnamasari, Y. F., & dewi, D.A (2021). Menumbuhkuatkan pengetahuan mengenai nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan tambusai, 5(3), 9387-9389.

Wafiqni, N., & Nuranii, S. (2018). Model pemnbelajaran materitik berbasis kearifan local. Al-bidayah: jurnal Pendidikan dasar islam, 10(2), 255-270.


Article Metrics

Abstract view : 303 times | PDF view : 64 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License