PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 SELAYAR

Nur Mitasari(1*), Abdul Haris(2), Subaer Subaer(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v20i1.43738

Abstract


Penelitian ini menerapkan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk mendeskripsi gambaran kemampuan literasi sains peserta didik SMA Negeri 2 Selayar sebelum dan setelah diajar menggunakan pendekatan STEM dalam pembelajaran fisika pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dalam penerapan pendekatan STEM dengan model PBL diintegrasikan dengan simulasi PhET pada materi gerak lurus. Untuk mengukur ketercapaian kemampuan literasi sains fisika digunakan instrumen tes yang telah dikembangkan sebanyak 6 butir soal berbentuk essay. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains fisika sebelum dan setelah diajar menggunakan pendekatan STEM dengan model pembelajaran PBL mengalami peningkatan yang signifikan dan berada pada kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2008). Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baharin, N., Kamarudin, N. and Manaf, U.K.A. (2018) ‘Integrating STEM Education Approach in Enhancing Higher Order Thinking Skills’, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(7), 810-822.

Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Melalui Pendekatan Stem Berorientasi Hots Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120.

Dewi, M., & Kaniawati, I. (2018). Penerapan pembelajaran fisika menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada materi listrik dinamis. Seminar Nasional Quantum. 5(1), 381-385.

Erniwati, E., Istijarah, I., Tahang, L., Hunaidah, H., Mongkito, V. H. R., & Fayanto, S. (2020). Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Sma Di Kota Kendari: Deskripsi & Analysis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 99–108.

Fadilah, I., & St, K. (2019). Identifikasi Sikap Rasa Ingin Tahu Peserta didik Terhadap Pembelajaran Fisika Di Man 1 Batanghari. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2),217-231.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 16 (1), 1-11.

Fitriani, Dewi Kurnia., Supeno., Wahyuni, Diah., Rahayuningsih. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Eduscience (JES). 9(2), 261-267.

Gormally, Cara., Peggy Brickman., Mary Lutz. (2012). Developing a Tests of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates Evaluation of Scientific Information and Argument. CBE-Life Science Education. 11(1), 364- 377.

Kanginan, M.. (2002). Fisika SMU. Erlangga

Maulidia, A., Lesmono, A. D., Supriadi, B., Timur, J., & Timur, J. (2019). Inovasi Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Stem Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma. Seminar Nasional Pendidikan Fisika. 4(1), 185-190.

Pujiati, A. (2019). Peningkatan Literasi Sains dengan Pembelajaran STEM Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan. 8(1), 11-14.

Pane Aprida, Dasopang Muhammad Darwis. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman.3(2), 315-322.

Riduwan, 2018. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan. 3(2), 471-478.

Setyaningtyas, Rizki Fitria., Sarwanto., dan Prayitno, Baskoro Adi. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Guided Discovery Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 31, 15-21.

Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahapeserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 305-313.

Sudjana, (2005). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif.Kencana.

Wati, Rizqi Wahyu Irma., Lesmono, Albertus Djoko., dan Prastowo, Sri Handono Budi. (2019). Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis Hots (High Order Thinking Skill) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 215-220.

Winata, Anggun., Cacik, Sri., dan Seftia R. W. Ifa. (2016). Analisis Kemampuan Awal Mahasiswa Pada Konsep IPA. Jurnal Education and Human Development, 1(1), 285-293.

Wisnu Wibowo, I. G. A. (2018). Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan E- Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), Hal. 315-323.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas,3(2), 71-79.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 2 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License