PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 3 WAJO

Nurul Ulfiah(1*), Pariabti Palloan(2), Mutahharah Hasyim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i3.41592

Abstract


Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas ketercapaian pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 3 Wajo Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dalam penerapan model PBL diintegrasikan dengan simulasi PhET pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Untuk mengukur ketercapaian pemahaman konsep fisika digunakan instrumen tes yang telah dikembangkan sebanyak 22 butir soal berbentuk pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika sebelum dan setelah diajar menggunakan model PBL mengalami peningkatan yang signifikan dan berada pada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Ayomi Prasetyarini dkk, 2012. Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Smp Negeri I Bulu pesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, Vol. 2, No. 1, 2012, Hal. 8.

Bloom, Benyamin S., 1956. Taxonomi Of Educational Objective: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Dewi, Citra N dkk, 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Vol. 6, No. 5, Juli 2018, Hal. 446. ISSN: 2338-1183

Diani Rahma dkk, 2019. Scaffolding dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Base Learning: Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 2, No. 3, November 2019, Hal. 310-319.

Halim, A dkk, 2017. Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF), Vo. 3, No. 1, Juni 2017, Hal. 1-10, ISSN: 2461-0933.

Hasbullah, Halim A. & Yusrizal, 2018. Penerapan Pendekatan Multi Representasi terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, Vol. 02, No. 02, 2018, Hal. 69-74

Himah E.F., Bektiarso S. & Prihandono T., 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 4, No. 3, Desember 2015, Hal. 261-267.

Irwandani, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik Mts Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Al-BiRuNi‟ Vol. 4, No. 2, 2015, Hal. 171

Junaidi, 2020. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 9, No. 1, April 2020, Hal. 26-35.

Nurdyansyah & Fahyuni, 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Puspitasari, D dkk, 2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Tentang Elastisitas Di Kelas XI SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Vol. 2, No. 1, ISSN: 2527-5917.

Ramadani, Elia M & Nana, 2020. Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab PhET pada Pembelajaran Fisika guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), Vol. 8, No. 1, April 2020, Hal. 87-92, ISSN: 2338-3240.

Riduwan, 2018. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saharsa U., Qaddafi M. & Baharuddin, 2018. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 6 No. 2, September 2018, Hal. 57-64. ISSN: 2355-5785

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wulandari, Y. S. & Munandar, D. R., 2019. Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Gaya Kognitif Siswa SMP dengan Materi Kubus dan Balok. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 26 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License