STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SMAN 16 MAKASSAR

Indah Barliani Bakri(1*), Jasruddim Jasruddin(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v20i1.39593

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMAN 16 Makassar. Strategi metakognitif sebagai variabel bebas dan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebagai variabel terikat. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 16 Makassar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, rata-rata skor pretest hasil belajar fisika sebesar 3.57 dan berada pada kategori rendah sedangkan rata-rata skor posttest sebesar 7.46 berada pada kategori tinggi. Kemudian hasil analisis dengan uji N-Gain menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika dengan indikator interpretasi, analisis. dan inferensi sebesar 0.65 dalam kategori sedang. Maka disimpulkan bahwa strategi pembelajaran metakognitif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 16 Makassar.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, H., & Amin, B. D. (2016). Pengetahuan Metakognitif Mahasiswa Pendidikan Fisika. Indonesian Journal of Educational Studies, 19(2).

Hamid, I., Abdullah, H., & Khaeruddin, K. (2020). Pengembangan Tes Pengetahuan Metakognitif Berbasis Fisika Dengan Model Two-Tier Multiple Choice. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar, 3, 110–113.

Khaeruddin, K., Amin, B. D., & Jasruddin, J. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis pada Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika SMA Analisis keterampilan berpikir kritis pada Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika SMA. Seminar Nasional LP2M UNM.

Khoiriah, Tuti. 2015. Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 177-180.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sasinggala, Metilistina. 2012. Pembelajaran Untuk Daerah Kepulauan. Yogyakarta: Absolute Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfhabeta.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 1 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License