PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DENGAN MEDIA SIMULASI PhET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Mohamad Fitrah Ramadhan Tatali(1*), Muhammad Yusuf(2), Citron S. Payu(3),

(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i1.36800

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dari pengaruh teknik pembelajaran Probing-Prompting dengan media simulasi berbantuan PhET terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan alat peraga pada percobaan sederhana pada materi gelombang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lolak menggunakan metode eksperimen dengan design Posttest Only Control Group Design, dalam penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pembelajaran Probing-Prompting berbantan media simulasi PhET dan kelas pembanding yaitu XI MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan alat peraga pada percobaan sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dengan 8 butir soal dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah t_hitung  = 3,36 lebih dari t_tabel  = 1,69, maka kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik pembelajaran Probing-Prompting berbantuan media PhET dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan alat peraga sederhana.

Full Text:

PDF

References


Laka, Beatus Mendelson. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPS.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya 5 (4): 363. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.220.

Maysyarah, Rahayu. 2016. “PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.” Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains 3 (1): 21–27. https://doi.org/10.22202/jrfes.2016.v3i1.2456.

Mubarrok, Muhammad Fathul, dan Sri Mulyaningsih. 2014. “PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI CAHAYA DENGAN MEDIA PhET SIMULATIONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP” 03 (01): 5.

Nurseto, Tejo. 2012. “Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pendekatan Aktif Learning Dalam Pelajaran Ekonomi Pada SMU Negeri Di Yogyakarta.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 6 (2). https://doi.org/10.21831/jep.v6i2.583.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Usmiati, Anggun, Ali Syahbana, dan Ety Septiati. t.t. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMK SENTOSA BUAY MADANG,” 7.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 38 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License