PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU
(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.36603
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin dengan pendekatan kualitatif dengan melibatkan variabel bebas yaitu penerapan metode pembelajaran Resitasi dan variabel terikat yaitu hasil belajar fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kab. Gorontalo sebanyak 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum tindakan skor rata-rata yang dicapai oleh siswa yaitu 61,53 persen dan hanya 3 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I siswa yang tuntas yaitu 6 orang dengan persentase 74,61 dan 7 siswa yang berada pada kategori tidak tuntas. Adapun data hasil belajar siswa pada siklus II yaitu skor rata-rata meningkat menjadi 82,76 dan jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 siswa sedangkan yang belum tuntas hanya 2 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kab. Gorontalo melalui penerapan metode pembelajaran Resitasi terdapat peningkatan.
Kata Kunci : Resitasi, Pretes-Posttes, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, (2013). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Alipandie, Imanjah, (1984). Metode Resitasi Terstruktur. 93.
Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.
Arikunto, dan Suharsimi.(2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bahri Djamarah, Syaiful, (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: AR-Ruzz Media.
Djamarah, dan Azwan Zein. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo.
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 24 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Published by :
Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id