PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAS AL-MUBARRAK DDI TOBARAKKA

Nur Fadhilah(1*), Pariabti Palloan(2), Mutahharah Hasyim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i1.35778

Abstract


Penelitian ini adalah Pra-Eksperimen dengan desain penelitian one-grop pretest- posttest yang bertujuan untuk mengetahui besarnya  (1) hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi; (2) hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi; dan (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAS Al-Mubarak DDI Tobarakka Tahun Ajaran 2021/2022. Sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi adalah 20,18 (kategori sedang) dan setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi skor rata-rata peserta didik adalah 34,09 (kategori tinggi).  N-gain diperoleh N=0,57 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 2 MAS Al-Mubarak DDI Tobarakka setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis animasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik, karena terdapat perbedaan skor rata-rata antara sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran tersebut.

 

Kata Kunci : Gelombang Bunyi, Hasil Belajar Fisika, Media Pembelajaran Berbasis Animasi

Full Text:

PDF

References


Fakhri, M.Isa, Singgih Bektiarso, Supeno. Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Micromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 7, No. 3, pp: 271-277.

Hernawati, Eneng. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi Jurnal Diklat Teknis. Vol. VI, No. 2, pp: 118-130.

Hidayah, N., & Hasbullah. 2014. Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Prinsip Kerja Pneumatik Berbantuan Perangkat Lunak Multimedia Interaktif. Invotec, 399.

Irawan, Very, dan Imas Ratna Ermawaty. 2020. Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Animasi 3D Pada Mata Pelajaran Fisika SMA. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ. Universitas Muhammadiyah Jakarta. Vol. 2, No. 1, pp: 101-106.

Riduwan. 2018. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sultan, A. D. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(3), 202-208.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 40 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License