PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Khairunnisa Ramadhani Adam(1*), Kaharuddin Arafah(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i3.35488

Abstract


Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) yang menggunakan model ADDIE. Tujuan peneliian ini menghasilkan
e-modul pembelajaran fisika berbasis web pada materi momentum dan impuls yang memiliki kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan; dan mengetahui peningkatan hasil belajar terhadap penggunaan e-modul. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 8 Pinrang. E-modul yang telah dibuat dikatakan layak sebab memperoleh penilaian dengan kategori valid dari kedua validator. Peningkatan hasil belajar diketahui dengan melihat hasil pretest-posttest. Analisis untuk pretest-posttest diperoleh dengan menggunakan N-gain formula dengan hasil perolehan nilai 0,2. E-modul pembelajaran fisika berbasis web pada materi momentum dan impuls sebelumnya telah dilakukan validasi isi untuk melihat kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikaan. Peningkatan hasil belajar terhadap penggunaan e-modul pembelajaran fisika berbasis web memiliki peningkatan dengan kategori rendah dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantara faktor yang mempengaruhi yaitu waktu pembelajaran yang kurang memadai, adanya stabilitas internet yang kurang, dan kurangnya keefektifan pada saat proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Afdalia, Arsyad, M., & Arafah, K. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM (pp. 68-71). Makassar: OJS UNM.

Bahri, S, Arafah, K, & Aryad, M. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Komputer. Seminar Nasional Pendidikan Fakutas Keguruan dan Ilmu Penddikan. Makassar : Eprints UNM

Manarfah, K, Arafah, & Khaeruddin. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kemampuan Analisis Untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 3 Bone. ). Makassar: OJS UNM.

Muhajir, Hei, & K, Arafah. 2021. Pengembangan Modul Kuliah Berbasis STEM Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi dan Komputer. Samarinda : Jurnal UNMUL.

Musthofa. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: UNY Press.

Puspitasari, A. D. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Pembelajaran Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sitepu, B. 2017. Pengembangan Sumber Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 17 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License