PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI EFEK DOPPLER KELAS XI SMA NEGERI 3 BARRU

Ayu Safitri(1*), Abdul Haris(2), Ahmad Yani(3), Pariabti Palloan(4), Mutahharah Hasyim(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.35398

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D) bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap Penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Adapun persentase hasil menunjukkan tingkat kelayakan media dari isi maupun kegrafikan media berdasarkan penilaian validator dengan nilai koefisien internal yaitu  1 atau 100%, untuk  tingkat kepraktisan dari media berdasarkan setiap aspek peniliaian angket respon peserta didik memiliki nilai skala persentase skor 84%-93% dan penilaian angket respon guru memiliki nilai sklala persentase skor 93%-100%, untuk tingkat keefektifan dari media berdasarkan persentase skor    N-Gain peserta didik yaitu 74%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi efek doppler yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika

Full Text:

PDF

References


Felisia, A. (2020, Desember 12). Cara Menghitung Skala Likert Dengan Mudah Dan Cepat. CaraHarian. https://caraharian.com/cara-menghitung-skala-likert.html

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” LPPPI.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. PT Rajagrafindo Persada.

Tetania, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Materi Listrik Dinamis Untuk Kelas Xii Sekolah Menengah Atas. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Widiartini, N. K. (2017). Uji Validitas Instrumen Pengukuran Kualitas Modifikasi Motif Dan Bahan Pada Kain Tenun Mastuli. 6.

Yahya, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. 4(1), 14.


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 35 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License