ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI FREE BODY DIAGRAM PADA MATERI HUKUM NEWTON

Wayan Oka Wisnu Wardana(1*), Salmiah Salamang Sari(2), Kaharuddin Arafah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v20i1.34754

Abstract


Kemampuan representasi penting dikuasai oleh peserta didik guna mengembangkan kemampuan nalar mereka. Salah satu representasi dalam fisika yaitu representasi free body diagram pada materi hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan representasi free body diagram pada materi hukum Newton Peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk esai yang terlebih dahulu telah divalidasi, yang kemudian diberikan kepada peserta didik kelas XI MIPA dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 106 orang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunkan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran kemampuan representasi free body diagram pada peserta didik kelas XI MIPA tergolong dalam kategori needs improvemen (butuh peningkatan), ini mengindikasikan bahwa peserta didik masih kesulitan dalam merepresentasikan persoalan yang melibatkan kemampuan representasi free body diagram.

Full Text:

PDF

References


Aini, F. N., & Suyudi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Dengan Diagram Bebas Benda Pada Hukum Newton Secara Terintegrasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(1), 12-17

Asih, P. (2019). Analisis Gaya Berfikir Peserta Didik Dalam Mempresentasikan Diagram Bebas Benda Materi Hukum Newton (Doctoral dissertation, UNNES).

Balqis, D., Kusairi, S., & Supriana, E. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Free Body Diagram (FBDs) Untuk Materi Hukum Newton. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2)

Kanginan, M. (2007). Fisika 1A untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Kemendikbud (2018). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Mardini, A, Djamas, D., & Putra, A. (2018). Dampak Penerapan Free Body Diagram Terhadap Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal-Soal Hukum Newton Dalam Pembelajaran Fisika SMA. PILAR OF PHYSICS EDUCATION, 11(2), 65-72.

Masdukiyanto, S., & Ltifah, E. (2016). Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Hukum Newton. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 351-354

Nugroho, I. D., & Widodo, S. A. (2018). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Rosengrant, D., Van Heuvelen, A., & Etkina, E. (2009) Do Students Use And Understand Free-Body Diagram?. Physical Review Special Topics-Physicals Education Research. 5(1) 010108

Sabirin. M. (2014), Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44

Savinainen, A., Mӓkynen, A., Nieminen, P., & Viiri, J. (2013). Does Using A Visual-Representation Tool Foster Students’ Ability To Identify Forces And Construct Free-Body Diagrams?. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 9(1), 010104.

Sekarpratiwi, F. K., Putra, N.M.D., & Yulianto, A. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Diagram Bebas Benda Pada Materi Hukum Newton. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 85-93

Suratno, F. A., & Hatibe, A. (2021). Identifikasi Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Representasi Free Body Diagram Untuk Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Hukum Newton. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 9(2).

Tipler, P.A. (1998). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.

Yuwono, G. R., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Kemampuan Represesentasi Verbal, Gambar, Matematis, Dan Grafik) di SMA. Jurnal Pembelajran Fisika, 5(1), 60-65.


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 2 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License