PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 MAJENE

Dian Awaluddin Adam(1), Khaeruddin Khaeruddin(2), Kaharuddin Arafah(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.34499

Abstract


Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif fisika kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen hasil belajar fisika dalam ranah kognitif di tingkatan sekolah menengah atas (SMA). Subjek ujicoba penelitian ialah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Majene sebanyak 153 orang yang tersebar dalam 5 kelas. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan yang dikembangkan oleh Mardapi yang terdiri dari 9 tahap, yaitu menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir soal, memperbaiki tes, merakit tes, melaksanakan tes, dan menafsirkan hasil tes. Data hasil penelitian melaui proses validasi secara teoretik oleh dua pakar yang selanjutnya instrumen tersebut dilakukan uji coba sebanyak dua kali pada subjek yang berbeda guna mengetahui kualitas butir, tingkat validitas dan reliabilitas butir instrumen yang dikembangkan. Efektivitas hasil  pengembangan instrumen dapat dilihat dari hasil penilaian oleh dua orang guru fisika yang berada di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh sebanyak 23 Butir instrumen yang valid, reliabilitas 0,6541, dan efektivitas sebesar 94,85 %.

 


Full Text:

PDF

References


Al Ihwan, M. et al. (2019) ‘Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Kognitif Fisika Kelas Xi Mia Sma Negeri 5 Pinrang Development of Instrument Phyiscs Learning Result in Class Xi Science Senior High School 5 in Pinrang 1)’, pp. 50–57. Available at: http://ojs.unm.ac.id.

Ali, M. S., & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Arafah, K. et al. (2021) ‘The Development of Higher Order-Thinking Skills (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study’, Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). doi: 10.1088/1742-6596/1899/1/012140.

Arafah, K. and Sari, S. (2018) ‘Test Instrument Development for Science Process Skills in Mechanic Wave Topic for Grade XI SMA Student’, 1, pp. 37–43. doi: 10.26499/iceap.v1i1.71.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gregory, R. J. 2015. Psichologycal Testing (History, Principles and Applications) (7th ed.). United States of America: Pearson.

Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes, Yogyakarta : Mitra Cendekia

Mukhtar, M., & Haniin, K. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud

Nurfillaili, U., Yusuf, M. and Santih, A. (2016) ‘Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi SMA Negeri Khusus Jeneponto Kelas XI Semester I’, Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), pp. 83–87. Available at: http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.

Permendikbud. 2016. Salinan Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar

Rahayu, D. dan Azizah, U. 2012. 'Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Komputer Dengan Kombinasi Permainan “Who Wants To Be A Chemist” Pada Materi Pokok Struktur Atom Untuk Kelas X SMA RSBI. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa.

Risma, Kaharuddin Arafah, R. (2015) ‘Pengembangan perangkat penilaian hasil belajar fisika peserta didik kelas x sman 17 makassar’, Prosiding Konferenssi Ilmiyah Tahunan, pp. 566–574

Wahyudi, Arafah, K. and Khaeruddin (2018) ‘Pengembangan Instrumen Berbasis Keterampilan-Keterampilan Abad ke-21’, Seminar Nasional Fisika, pp. 1–4.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 30 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License