ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI HASIL TES FORMATIF PESERTA DIDIK YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS

Nur Awalya Murtopo(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Salmiah Sari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i3.34422

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan metode survey bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan Microsoft Teams di SMAN 11 Pinrang pada tahun ajaran 2021/2022 dan mengetahui gambaran respon peserta didik terhadap penggunaan Micrososft Teams tersebut. Variabel dalam penelitian ini yaitu hasil belajar fisika. Populasi mencakup kelas XI MIPA SMAN 11 Pinrang tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan terpilih 76 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dokumen tenaga pendidik dan pembagian angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran hasil belajar pada ulangan harian 1 dan 2 peserta didik berada pada kategori cukup dengan persentase secara berurutan sebesar 30% dan 25%. Jika ditinjau berdasarkan nilai KKM ulangan harian 1 terdapat 24 peserta didik yang tuntas sedangkan ulangan harian 2 terdapat 9 peserta didik yang tuntas. Adapun hasil angket respon peserta didik terhadap penggunaan Microsft Teams pada indikator 1 dan 2 berdasarkan kriteria interpretasi menunjukkan respon yang positif.


Full Text:

PDF

References


Agustin, P. N., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2017). PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (KAJIAN: DI SMAN 1 TAPEN BONDOWOSO). 7.

Arifin, S. R., & Merdekawati, E. G. (2020). Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), 8(3), 278. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40007

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (revisi VII). Pt.Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (2 ed.). bumi aksara.

Damayanti, A., & Mulyadi, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang. 8.

Darwis, R. H. (2017). EFEKTIVITAS PEMBERIAN TES FORMATIF DENGAN UMPAN BALIK TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK DESKRIPTIF. 14.

Fadillah, A. (2016). ANALISIS MINAT BELAJAR DAN BAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60

Introducing Microsoft Teams Essentials—Stories. (2021). https://news.microsoft.com/2021/12/01/introducing-microsoft-teams-essentials/

Kusairi, S. (2013). ANALISIS ASESMEN FORMATIF FISIKA SMA BERBANTUAN KOMPUTER. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16, 68–87. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1106

Lukita, D., & Sudibjo. (2021). Faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi COVID 19. Akademika, 10(01).

Novisya*, D., & Desnita, D. (2020). Analisis Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis CTL pada Materi Fluida. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 141–154. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16682

Pratiwi, A. E. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan. 14.

Raresik, K. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS VI. 4(1), 11.

Riduwan (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2013). Dasar-dasar statistik. ALFABETA.

Situation Analysis on Digital Learning in Indonesia.pdf. (t.t.). Diambil 5 Maret 2022,darihttps://www.unicef.org/indonesia/media/9956/file/Situation%20Analysis%20on%20Digital%20Learning%20in%20Indonesia.pdf

Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. ALFABETA.

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Suryandari, A. W., & Burhendi, F. C. A. (2020). STUDI PENDAHULUAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ONLINE FISIKA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 9.

Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502.

Widiyarso, T. H. (2021). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI GURU SELAMA PANDEMI COVID-19. 7.

Wijayani, W., Arsyad, M., & Amin, B. D. (2019). PENGARUH PEMBERIAN TES FORMATIF TERKOREKSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 19 MAKASSAR. 8.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 12 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License