ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 5 TANA TORAJA

Agustina Limbong Allo(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Subaer Subaer(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.34416

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pedekatan deskriptif kuantitatiif. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan literasi sains dalam pembelajaran fisika peserta didik di SMAN 5 Tana Toraja tahun ajaran 2020/2021 secara umum dan berdasarkan jenis kelamin dan status sosial ekonomi. Sampel penelitian adalah 50 peserta didik kelas XII MIA SMAN 5 Tana Toraja yang dipilih secara acak. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes materi pemanasan global dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 10% peserta didik berada pada kategori tinggi, 54% berada pada kategori sedang dan 36% berada pada kategori rendah. Skor rata-rata peserta didik yakni 11,98 berada pada kategori sedang. Skor rata-rata tertinggi dicapai peserta didik pada indikator membaca dan menginterpretasi data dari grafik yakni 48,80% dengan kategori sedang, dan rata-rata terendah pada indikator memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif yakni 36,15%. Skor rata-rata peserta didik laki-laki lebih tinggi 1,89 dari peserta didik perempuan. Peserta didik laki-laki memperoleh skor rata-rata yang lebih tinggi dari perempuan pada indikator membuat repsentasi grafik dari data, membaca dan menginterpretasi data dari grafik, dan memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif sedangkan perempuan memperoleh skor rata-rata yang lebih tinggi dari laki-laki pada indikator menarik kesimpulan dan prediksi berdasarkan data kuantitatif. Keterampilan literasi sains tidak bergantung pada status sosial ekonomi orang tua tetapi dipengaruhi oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


Aina, J. K., Opeyemi, A. A., & Olu, A. M. (2020). Assessment of Scientific Literacy Skills of College of Education Students in Nigeria. American Journal of Social Sciences and Humanities, 5(1), 207-220.

Amin, B. D., Sahib, E. P., Harianto, Y. I., Patandean, A. J., Herman, &Sujiono, E. H. (2020). The Interpreting Ability of Science Kinematics Graphs of Senior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 179-186.

Bektasli, B., & White, A. L. (2012). The Relationships Between Logical Thinking, Gender and Kinematics Graph Interpretation Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 1-20.

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50-64.

Davidsson, E., Sorensen, H., & Allerup, P. (2012). Assessing scientific literacy through computer-based tests – consequences related to content and gender. Nordic Studies in Science Education, 269-282.

Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. (2012). Developing A Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates' Evaluation of Scientific Information and Arguments. Life Sciences Education, 11, 364-377.

Gulo, M. (2017). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Sejarah Mahasiswa Pendidikan Sejarah Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Angkatan 2013 dan 2014. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Istiqomah, C. Z., & Hariyono, E. (2019). Peningkatan Literasi Sains Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 682-685.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khurniawan, A. W., & Erda, G. (2019). Evaluassi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah. Jakarta: Vocational Education Policy, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masrifah, Setiawan, A., Sinaga, P., & Setiawan, W. (2018). Investigasi Kemampuan Representasi Grafik Mahasiswa Fisika Pda Konsep Hukum Newton. Jurnal Ilmiah MIPA, 56-63.

Musliha, I. M. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membuat Grafik Pada Pokok Bahasan Kinematika di SMAN 1 Indralaya. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 145-151.

Nunes, T., Bryant, P., Strand, S., Hillier, J., Barros, R., & Miller-Friedmann, J. (2017). Review of SES and Science Learning in Formal Educational Settings A Report Prepared for the EEF and the Royal Society. Education Endowment Foundation, University of Oxford.

Nurwulandari, N. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(2).

OECD. (2003). The PISA 2003 Assessment Framework - Mathematics, Reading, Science, and Problem Solving Knowledge and Skills.

OECD. (2018). PISA for Development Assessment and Analytical Framework Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. OECD.

Pratiwi, A. E., Jalmo, T., & Yolida, B. (2016). Profil Kompetensi Literasi Sains Siwa Kelas IX Sekecamatan Seputih Rahman Lampung Tengah.

Shaffer, J. F., Ferguson, J., & Denaro, K. (2019). Use of the Test of Scientific Literacy Skills Reveals That Fundamental Literacy Is an Important Contributor to Scientific Literacy . Life Sciences Education, 1-10.

Speth, E. B., Momsen, J. L., Moyerbrailean, G. A., Ebert-May, D., Long, T. M., Wyse, S., et al. (2010). 1,2,3,4: Infusing Quantitative Literacy into Introductory Biology. Life Science Education, 9, 323-332.

Toharuddin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Winata, A., Cacik, S., & W, I. S. (2016). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa pada Konsep IPA . Education and Human Development Journal.


Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 47 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License