PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.33775
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9, 9.
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Algiranto, Sarwanto, & Marzuki, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model POE (Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Fisika Siswa SMA Muhammadiyah Imogiri. Seminar Nasional Pendidika Fisika, 3, 5.
Hafifah, N. B., & Ananda, L. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4, 5.
Hake, R. R. (2007). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES*. 4.
Jayanti, I. B. R., Suyidno, S., & Hartini, S. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i1.802
Lebdiana, R., Sulhadi, & Hindarto, N. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Suhu Dan Kalor Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa. Unnes Physics Education Journal, 6.
Maizaliani, C. R., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain pada Materi Usaha dan Energi di SMA Inshafuddin Banda Aceh. 1, 6.
Prayogi, S., Hidayat, S., & Wulandara, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningktakan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 1(1), 28. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v1i1.70
Rahayu, D., & Budiyono. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 6, 11.
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasisi Scient Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 12.
Ramayani, C., & Delfianto, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMP Negeri 2 Sungai Limau. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1). https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.357
Safitri, E., Kosim, K., & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825
Sari, O. B. mila, Risdianto, E., & Sutarno, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Poe Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar pada Konsep Fluida Statis. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 85–93. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.85-93
Setiani, E., Sesunan, F., & Nyeneng, I. D. P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 13.
Suarti, Qaddafi, M., Rivia, I. N. A., & Jusriana, A. (2020). PEengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statis, Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 11.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Article Metrics
Abstract view : 43 times | PDF view : 33 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Published by :
Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id