PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Nurnatasha T(1), Kaharuddin Kaharuddin(2*), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.33775

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis POE yang valid, praktis dan efektif guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Pinrang pada tahun ajaran 2021/2022. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu peserta didikkelas XI MIPA yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi dari dua pakar yang diperoleh dari kofisien Gregory adalah 1,0 yang menunjukkan bahwa LKPD valid dan layak digunakan. Untuk kepraktisan LKPD diperoleh dengan memberikan kuesioner respon guru dan peserta didik yang menunjukkan 78% respon guru positif dan peserta didik 71% poisitif. Sementara itu efektifitas LPKD diperoleh dari peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menunjukkan N-gain sebesar 0,6 berada pada kategori sedang. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbsasis POE untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, valid, praktis dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9, 9.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Algiranto, Sarwanto, & Marzuki, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model POE (Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Fisika Siswa SMA Muhammadiyah Imogiri. Seminar Nasional Pendidika Fisika, 3, 5.

Hafifah, N. B., & Ananda, L. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4, 5.

Hake, R. R. (2007). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES*. 4.

Jayanti, I. B. R., Suyidno, S., & Hartini, S. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i1.802

Lebdiana, R., Sulhadi, & Hindarto, N. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Suhu Dan Kalor Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa. Unnes Physics Education Journal, 6.

Maizaliani, C. R., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain pada Materi Usaha dan Energi di SMA Inshafuddin Banda Aceh. 1, 6.

Prayogi, S., Hidayat, S., & Wulandara, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningktakan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 1(1), 28. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v1i1.70

Rahayu, D., & Budiyono. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 6, 11.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasisi Scient Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 12.

Ramayani, C., & Delfianto, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMP Negeri 2 Sungai Limau. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1). https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.357

Safitri, E., Kosim, K., & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825

Sari, O. B. mila, Risdianto, E., & Sutarno, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Poe Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar pada Konsep Fluida Statis. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 85–93. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.85-93

Setiani, E., Sesunan, F., & Nyeneng, I. D. P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 13.

Suarti, Qaddafi, M., Rivia, I. N. A., & Jusriana, A. (2020). PEengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statis, Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 11.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 59 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License