PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MELALUI KOMIK FISIKA:ALAT-ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK

Halwiah Halwiah(1*), Subaer Subaer(2), Mutahharah Hasyim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v20i1.33469

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran visual melalui komik fisika pada materi alat-alat optik yang bersifat valid, efektif, dan praktis. Pengembangan media pembelajaran melalui visualisasi komik ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang telah disederhanakan menjadi tiga tahapan yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) penilaian kelayakan/kevalidan ahli media dipeoleh  dan ahli materi diperoleh  berdasarkan uji Gregory sehingga dikategorigan valid dan layak  ; 2) pada tahap uji coba terbatas kepada 29 peserta didik memperoleh rata-rata skor tes hasil belajar 75 dari skor ideal 100 dengan ketuntasan kelas 89,65% atau 26 orang yang tuntas; 3) respon peserta didik dan guru untuk media pembelajaran visual melalui komik pada materi alat-alat yang dikembangkan memperoleh kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran visual melalui komik diniali valid, efektif dan praktis setelah dilakukan ujicoba terbatas kepada peserta didik kelas XII MIPA 4 SMAN 11 Pinrang dan respon dari guru.


Full Text:

PDF

References


Asnawir dan Usman, M.B. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Budiarta, I Wayan. 2013. Penerapan Pendekatan Belajar Catur Asmara melalui Taxonomi Tri Kaya Parisudha dalam PKN. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hadi. 2015. Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik dengan Strategi Bermain Peran pada Siswa SD Kelas IV Semen Gresik. Tersedia di: http://www.puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_peserta/57Syariful%20Hadi.pdf. Diakses 23 Januari 2020.

Ignas. 2014. Membuat Komik Strip Online Gratis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Maharsi, I. 2014. Komik: Dari Wayang Beber Sampai Komik Digital. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI.

Mais, A. 2016. Media Pembelajaran: Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV Pustaka Abadi.

Musfiqon, H.M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Nurgiyantoro, B. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putra, N. 2012. Research & Development (Penelitian dan Pengembangan): Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Ranang A.S., Basnendar H dan Asmoro N.P. 2010. Animasi Kartun Dari Analog Sampai Digital. Jakarta; PT Indeks.

Sadiman dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Scott, M. 2001. Understanding Comics, Memahami Komik. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gamedia).

Smaldino, S.E., Lowther, D.L., dan Russel, J.D. 2011. Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudjana, N dan Rivai, A. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Sutrisno, T. (2018). Pengembangan Komik Ipa Fisika Sebagai Media Pembelajaran Peserta Didik Pokok Bahasan Gerak. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan :Lampung.

Thacker, C. 2007. Comic Life in Education. Tersedia di: http://www.homepages. dsu.edu/mgeary/comics/Comic_Life_in_Education.pdf. Diakses pada 23 Januai 2020

Wahyuningtyas, C. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komik Materi Pembelajaran Peristiwa Sekitar Proklamasi Pada Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ngemplak, Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijana, I.D.P. 2003. Kartun: Studi Tentang Permainan Bahasa. Jakarta: Ombak.

Yang, G. 2003. Comics in Education. Tersedia di: http://www.geneyang.com/ comicsedu/streghts.html. Diakses pada 23 Januari 2020.


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 3 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License