ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA (FISIKA) SMPN DI KABUPATEN ENREKANG

Andriyana Andriyana(1), Usman Usman(2*), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i2.32958

Abstract


Analisis Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA (Fisika) SMPN di Kabupaten Enrekang. Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang pada mata pelajaran IPA(Fisika) pada tahun ajaran 2021/2022. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir divergen peserta didik. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang. Dalam penelitian ini, peneliti membagi wilayah Kabupaten Enrekang menjadi 3 bagian, yaitu Enrekang bagian Utara (Enrekang Duri), Enrekang bagian tengah (Enrekang Kota), dan Enrekang bagian Selatan (Enrekang Maiwa) dimana masing masing bagian diwakili oleh 1 sekolah sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa.  Indikator kemampuan berpikir divergen yang diteliti meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes kemampuan berpikir divergen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata kemampuan berpikir divergen peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang berada pada kategori sedang dengan persentase 45,71%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. In Rineka Cipta.

Azhari, H. (2009). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Gava Media.

Jauk, E., Benedek, M. and Neubauer, A.C. (2014). The Road to Creative Achievement: A Latent Variable Model of Ability and Personality Predictors. European Journal of Personality. 28(1). 95–105. doi:10.1002/per.1941.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Munandar, S. C. Utami (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia Widisarana Indonesia.

Munandar, U (2002). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pahlevi, G.C. (2018). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 10 MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) at: http://ojs.unm.ac.id.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Soelaiman. (2007). Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan evaluasi Kerja. Jakarta: PT. Inetrmedia Personalia Utama.

Sugiyono. (2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tiro, M. A. (2008) . Dasar-dasar Statistika, 3nd ed. Makassar: Andira Publisher Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 62 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License